Indonesia Bantu Palestina Melalui Pelatihan Usaha

Rachmat Fahzry, Okezone · Selasa 05 Maret 2019 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 05 18 2026274 indonesia-bantu-palestina-melalui-pelatihan-usaha-tM2JVLcOhF.jpg Menlu Retno Marsudi saat memberikan sambutan dalam acara bantuan untuk pengungsi Palestina di Amman, Yordania. Foto/Okezone

AMMAN – Indonesia membuka pelatihan usaha bagi para pengungsi palestina di Amman, Yordania, sebagai upaya pemerintah untuk membantu Palestina yang merdeka.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan bahwa isu Palestina penting bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia, terutama dalam pemberdayaan perempuan.

“Palestina ada di jantung politik luar negeri Indonesia, isu Palestina dan pemberdayaan perempuan sangat dekat di hati saya,” ucap Menlu Retno dalam sebuah pernyataan, Selasa (5/3/2019).

Foto/Getty Images

Menlu Retno yang berada di Amman menyampaikan bahwa membangun sebuah bangsa Palestina, tidak mudah. Dibutuhkan kondisi yang kondisif, serta dukungan internasional baik dalam bidang ekonomi, pembangunan maupun pengembangan kapasitas.

Baca: Arab Saudi Sempat Tawarkan Alternatif Ibu Kota untuk Palestina

Baca: Ini Berbagai Bentuk Dukungan Indonesia bagi Palestina

Oleh karena itu, kata Retno, dukungan Indonesia melalui penyelenggaraan program pelatihan diharapkan dapat semakin memperkuat upaya untuk mempersiapkan Palestina dalam meraih kemerdekannya.

“Indonesia telah sejak lama telah memberikan dukungan bantuan kapasitas bagi Palestina, seperti antara lain dalam bidang pengembangan UMKM, pemberdayaan perempuan, good governance, pendanaan mikro maupun pelestarian lingkungan hidup, yang akan membentuk fondasi penting bagi pengembangan institusi Palestina,” tutur Retno.

Retno yang sebelumnya menghadiri Konferensi Tingkat Menteri ke-46 Organisasi Konferensi Islam (OKI) pada Minggu 3 Maret 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab mendorong negara-negara OKI untuk tegas dan berani dalam memberikan dukungannya kepada Palestina.

“Di pertemuan OKI minggu lalu, saya tegaskan bahwa tidak ada pilihan lain bagi OKI kecuali memberikan dukungan tegas dan konkrit bagi kemerdekaan Palestina,” ujar dia.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini