nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buka Rakornas, JK Tegaskan Tak Sepeser pun Dana Baznas Dipakai untuk Infrastruktur

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 04:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 05 512 2025857 buka-rakornas-jk-tegaskan-tak-sepeser-pun-dana-baznas-dipakai-untuk-infrastruktur-ADaEZXmU2m.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

SOLO - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) resmi dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Pendapi Gede Balaikota, Solo, Jawa Tengah.

Pantauan okezone, Wapres JK tiba di Balaikota didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Selain membuka Rakornas, orang nomor dua di Republik Indonesia itu juga juga memberi arahan tentang bagaimana pengelolaan zakat dan sedekah Baznas ke depan, serta perannya dalam mewujudkan Indonesia sebagai salah satu pusat ekonomi Islam dunia.

"Ekonomi Islam itu yang terpenting adalah kepercayaan masyarakat. Jadi, kalau orang menyimpan uang disini (Baznas -red) maka (nanti) bisa disalurkan dengan sistem Syariah," kata JK, Senin (4/3/2019) malam.

(Baca Juga: JK Bertolak ke Surabaya Silaturahmi dengan Kiai Muda

JK

JK secara tegas mengatakan dana yang terkumpul di Baznas ini tidak ada sepeser pun yang dipakai untuk pembangunan, apalagi infrastruktur. Seluruh dana yang terkumpul di Baznas ini seluruhnya untuk kepentingan bagi fakir miskin dan untuk amil zakat.

"Tak ada sepeser pun dana yang di kumpulkan di Baznas ini dipakai untuk pembangunan ekonomi atau infrastruktur. Semuanya disalurkan untuk kepentingan fakultas miskin dan amil zakat. Misalnya, sekolah anak warga miskin, dan yang lainnya," kata JK.

Sementara itu, Ketua Baznas Bambang mengatakan ada agenda penting yang akan dibahas dalam Rakornas yang dipusatkan di Kota Solo ini. Pertama, membahas sejumlah isu penting mengenai pengelolaan zakat di tanah air. Di antaranya peran zakat dalam mendorong Indonesia sebagai salah satu pusat ekonomi Islam di dunia.

“Zakat memegang peran penting. Ini nanti akan dibahas bagaimana implementasinya,” katanya.

(Baca Juga: JK: Gaji Presiden dan Wapres Lebih Kecil Dibanding Anggota DPRD

Kedua, di Rakornas ini pun membahas sejumlah agenda rutin, mulai dari upaya peningkatan pengumpulan zakat nasional dan pemerataan distribusi zakat.

“Idealnya, zakat bisa diperlakukan seperti pajak. Ini yang belum tercapai. Kalau bisa (seperti pajak), saya yakin pengumpulan zakat akan meningkat signifikan sekali,” tuturnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini