nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tambak Lorok yang Dikunjungi Jokowi Tengah Malam Bakal Dibangun Rusunawa

Taufik Budi, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 00:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 06 512 2026836 tambak-lorok-yang-dikunjungi-jokowi-tengah-malam-bakal-dibangun-rusunawa-cW4NTuxFA5.jpg Ilustrasi Rusunawa (Foto: Okezone)

SEMARANG – Tambak Lorok di pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah bakal dibangun rumah susun sewa (rusunawa) bagi warga. Kawasan ini berada di cekungan sehingga kerap menjadi langganan banjir gelombang pasang air laut.

"Untuk lebih meningkatkan penataan, saya rasa mulai dipikirkan namanya rusunawa. Tempat-tempat yang sudah susah sekali diatasi dari banjir karena cekung perlu anggaran besar, untuk pembuatan pompa, saya rasa perlu dibuat rusun," ujar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Rabu, 6 Maret 2019.

Pria yang juga politikus PDI Perjuangan tersebut membeberkan bahwa sejak dirinya menjabat sebagai Plt Wali Kota, Tambakrejo (Tambak Lorok) dan sekitarnya merupakan salah satu wilayah yang memerlukan perhatian dan penanganan khusus.

Kemudian Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengalokasikan dana guna perbaikan wilayah yang hasilnya sudah bisa dirasakan. Ke depan kata dia, rencana pembangunan rusunawa tersebut diharapkan dapat segera terealisasi guna peningkatan wajah Tambakrejo.

"Nanti ditata lebih baik ada taman, ada tempat olahraga buat masyarakat pasti wilayah ini menjadi semakin terangkat,” tuturnya.

Dia juga menyebut Kementerian PUPR menyambut baik rencana itu dengan mengalokasikan anggaran guna pembangunan rusunawa di beberapa kawasan kumuh. Sedangkan fasilitas umum di sekitar rusunawa seperti jalan, taman, dan lapangan olahraga menjadi tanggung jawab Pemkot Semarang.

Rusunawa

Tak hanya rusunawa, Hendi sapaan akrab wali kota, juga meminta agar nantinya di dalam salah satu taman di Kelurahan Tambakrejo tersebut ditambahkan jogging track untuk masyarakat. Sedangkan terkait sejumlah jalan yang masih tergenang, dia meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umun untuk segera memperbaikinya dalam waktu dekat.

“Tambakrejo ini salah satu wilayah yang perlu perhatian khusus. Dari zaman saya jadi Plt Wali Kota ya karena lingkungannya waktu itu tidak dalam kondisi baik, masuk wilayah kumuh, sering banjir rob, jalannya banyak rusak, sehingga kami alokasikan anggaran cukup fokus di wilayah Tambakrejo. Alhamdulillah jalan-jalannya sudah mulai baik, hanya ada satu dua yang perlu penambahan beton cor,” kata dia.

Tambak Lorok akhir-akhir ini menjadi perbincangan setelah diketahui menjadi lokasi yang dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tengah malam. Kunjungan 'senyap' itu terungkap saat debat capres putaran kedua beberapa waktu lalu. Dalam kunjungannya Jokowi tak banyak melibatkan pengawalan anggota Paspampres.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini