nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Meluas, 10 Kecamatan di Kabupaten Bandung Terendam

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 16:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 07 525 2027070 banjir-meluas-10-kecamatan-di-kabupaten-bandung-terendam-OWzXjst2Uz.jpg Banjir di Bandung (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung, semakin meluas. Dari data BPBD Kabupaten Bandung, saat ini jumlah wilayah Kecamatan yang terendam banjir menjadi 10 Kecamatan.

Adapun Kecamatan yang terendam banjir diantaranya Katapang, Majalaya, Banjaran, Cileunyi, Rancaekek, Baleendah, Bojongsoang, Dayeuhkolot, Kutawaringin dan Ibun.

"Ketinggian air paling rendah 10 centimeter hingga ada yang mencapai 2 meter lebih, seperti di Dayeuhkolot, ketinggian air mencapai 250 centimeter," ujar Pusdalops BPBD Kabupaten Bandung, Sudrajat, saat dikonfirmasi pada Kamis (7/3/2019).

Banjir merendam 6361 rumah warga, banjir juga merendam 8 gedung fasilitas umum‎, 36 tempat ibadah, dan 7 gedung sekolah. Banjir ini pun berdampak pada ribuan jiwa.

"Ada dua pos pengungsi, di Kecamatan Baleendah 226 jiwa dan di Kecamatan Dayeuhkolot 128 dengan total 364 jiwa," katanya.

Banjir Bandung

Baca Juga; 8 Kecamatan di Kabupaten Bandung Dikepung Banjir, 6.361 Rumah Warga Terendam

Adapun upaya yang dilakukan BPBD melakukan pemantauan dan pengamatan‎ serta mengirim bantuan logistik di tenda-tenda pengungsian.

Banjir sendiri disebabkan meluapnya aliran sungai Citarum. Hal itu terjadi karena intensitas hujan yang terus terjadi di wilayah Bandung Raya.

"Saat ini kita lakukan pendataan sekaligus mengevakuasi warga," ucapnya.

Sementara itu, Kantor SAR Bandung, sejak semalam langsung turun ke lokasi-lokasi banjir untuk membantu proses evakuasi warga.

"Hingga saat ini‎ kita masih terus evakuasi," kata Juru Bicara Basarnas Bandung, Joshua Banjarnahor, saat di konfirmasi.

Proses evakuasi pun terhambat dengan masih adanya aliran listrik yang masih menyala di rumah-rumah warga. Bahkan ada satu orang yang diduga meninggal karena tersetrum. Namun masih didalami pihak kepolisian.

Banjir

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Pengalengan, 150 Rumah Terendam

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini