nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Kesehatan Tunisia Mundur Terkait Kematian 11 Bayi yang Baru Lahir

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 16:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 11 18 2028478 menteri-kesehatan-tunisia-mundur-terkait-kematian-11-bayi-yang-baru-lahir-4v2ZxEgERS.jpg Foto: Reuters.

TUNIS – Menteri Kesehatan Tunisia Abderraouf Cherif telah menyatakan mengundurkan diri menyusul kematian 11 bayi yang baru lahir di sebuah rumah sakit di Ibu Kota Tunis. Pengunduran diri itu diumumkan Charif hanya empat bulan setelah dia diangkat sebagai menteri kesehatan.

Semua bayi tersebut meninggal karena syok septik di Rumah Sakit Bersalin Rabta antara 7-8 Maret lalu.

Perdana Menteri Youssef Chahed mengatakan penyelidikan telah diluncurkan ke dalam praktik medis, farmasi dan kebersihan di fasilitas milik pemerintah tersebut. Demikian diwartakan BBC, Senin (11/3/2019).

Dalam sebuah posting Facebook, komunitas masyarakat pediatrik Tunisia mengatakan infeksi itu mungkin disebabkan oleh produk makanan intravena. Mereka juga meminta pihak berwenang untuk "mengungkap" kasus ini dan mengkritik "kondisi berbahaya di mana para profesional kesehatan bekerja".

Praktik kesehatan publik di Tunisia pernah memiliki reputasi sebagai yang terbaik di kawasan Afrika Utara , bahkan menjadikan negara itu sebagai tujuan pariwisata medis yang cukup menguntungkan.

Tetapi sejak Presiden Zine El-Abidine Ben Ali digulingkan pada 2011, sistem itu terhambat oleh masalah manajemen dan keuangan, bersama dengan kekurangan obat-obatan yang terus terjadi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini