nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Ini Cara PLN Tingkatkan Kualitas SDM

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 15:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 13 1 2029410 hadapi-revolusi-industri-4-0-ini-cara-pln-tingkatkan-kualitas-sdm-e0FpS0odmQ.jpg M. Ali saat menjadi pembicara di acara HUT Okezone (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA - PT PLN (Persero) mengaku sudah siap menghadapi era revolusi industri 4.0. Tidak hanya dari sisi produk dan layanan, sumberdaya manusia (pegawai) yang ada di PLN pun sudah siap.

"Data statistik kepegawaian yang ada sudah kita olah. Kalau selama ini produktifitas hanya berdasarkan apa yang dikerjakan pegawai di kantor, saat ini tidak," ungkap Direktur Human Capital Management PLN, Muhammad Ali saat menjadi pembicara di HUT Okezone ke-12 di Gedung Inews, Jakarta Pusat.

PT PLN (Persero) kini memasukkan beberapa unsur untuk menilai produktifitas pegawai. Tidak hanya aktivitas pegawai pegawai saat bekerja, tapi juga kegiatannya di luar perusahaan. Dengan begitu, penilaian akan jauh lebih objektif dan penempatan seorang pegawai di posisi tertentu tepat sasaran.

"Pegawai tersebut ternyata punya kegiatan sosial di luar, apakah dia membantu orang-orang yang terkena narkoba, punya pesantren dan sebagainya. Ini dulu belum ter-capture, tapi hari ini sudah. Sehingga saat ini kita bisa melihat pegawai orang ini seperti apa. Tidak hanya di kantor tapi juga di luar kantor," ungkapnya.

Ali menerangkan, data-data kegiatan pegawai di luar perusahaan, salah satunya diperoleh dari sosial media. "Hari ini semua orang punya sosmed, bisa ditrack dari situ," terangnya.

Sementara itu, dari sisi layanan dalam menghadapi revolusi industri 4.0, PT PLN meluncurkan aplikasi PLN Mobile. Lewat aplikasi ini, pelanggan jadi lebih mudah dalam menyampaikan keluhan, mengetahui tagihan, ataupun bila ingin meningkatkan fasilitas kelistrikan yang dimiliki. Pelanggan hanya tinggal mengakes aplikasi tersebut.

Sedangkan untuk produk, PT PLN menyiapkan sistem rooftop panel surya dan smartgrid. Dengan sistem tersebut, tidak hanya PLN yang diuntungkan tapi juga masyarakat. Karena nantinya masyarakat dapat menjual daya listrik ke PLN.

HUT Okezone ke-12 di Gedung INews Center, Jakarta Pusat, berlangsung meriah. Dalam event itu, digelar diskusi bertajuk "Kolaborasi Untuk Negeri: Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0 dan IOT". Selain Muhammad Ali, banyak narasumber lain baik dari kementerian, lembaga, perusahaan, juga pakar di bidang teknologi.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini