nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Sering Belanja saat Blusukan ke Pasar, Buat Apa Ya?

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 15:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 15 337 2030436 jokowi-sering-belanja-saat-blusukan-ke-pasar-buat-apa-ya-L4pkfz0pjn.jpg Presiden Jokowi kerap kali belanja saat melakukan blusukan ke psar tradisional

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap blusukan ke pasar-pasar tradisional saat kunjungan kerjanya ke berbagai daerah di Tanah Air. Ia ingin mengecek stabilitas harga bahan pokok dan pangan yang ada di daerah.

Seperti kunjungannya ke Sumatera Utara, Jumat (15/3/2019), Kepala Negara juga menyempatkan diri untuk blusukan ke Pasar Balige, Toba Samosir. Di sana, ia membeli bawang dan sayuran.

Padahal, sehari sebelumnya, Jokowi juga telah blusukan ke Pasar Pagi Kampung Melayu, Bangka Belitung guna membeli berbagai sayur mayur mulai dari sawi, genjer, kangkung, bayam, hingga terasi.

"(Blusukan ke pasar) ini mau ngecek harga. Tapi sudah siang jadi enggak banyak orang, penjualnya juga agak sepi," kata Jokowi kemarin.

(Baca Juga: Blusukan ke Pasar Pagi di Pangkalpinang, Jokowi Belanja Sayur Mayur hingga Terasi)

Jokowi mengungkapkan, setiap sayur mayur, daging ayam, hingga ikan yang dibelinya dari pasar juga kerap dimasak oleh koki Istana Tri Supriharjo.

"Ya untuk dimasak," ungkap Jokowi saat blusukan ke Pasar Cihaurgeulis, Bandung, Jawa Barat, Minggu 11 November 2018.

Kepala Negara menerangkan pemerintah telah membangun pasar tradisional sekitar 2.500 pasar yang dibangun di kabupaten dan kota. Sementara untuk pasar desa, yang dibangun sudah lebih dari 5.000 unit.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, kegiatan blusukan ke pasar yang tak pernah dijadwalkan secara resmi itu juga dilakukan untuk merevitalisasi pasar tradisional agar dapat bersaing dengan pasar modren.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini