nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Tinjau Pelabuhan Sibolga Jelang Diresmikan Jokowi

Arief Setyadi , Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 00:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 17 608 2030995 menhub-tinjau-pelabuhan-sibolga-jelang-diresmikan-jokowi-uxV7USOvKi.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Sibolga. (Foto: Arief Setyadi/Okezone)

SIBOLGA – Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu 17 Maret 2019. Guna memastikan tuntasnya pembangunan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau ke lokasi.

"Alhamdulillah, Pelabuhan Sibolga bisa kita selesaikan. Dua tahun lalu Pak Presiden memang datang ke sini dengan menaruh harapan pembangunan pelabuhan ini bisa segera dilaksanakan," ujar Menhub di Pelabuhan Sibolga, Sabtu 16 Maret 2019 malam.

Menurut Menhub, Pelabuhan Sibolga terbilang unik karena kegiatan bongkar-muat dan penumpang sangat berdekatan. Namun, ia menilai itu merupakan desain yang baik karena bisa menyelesaikan masalah penumpang.

"Menghindari crossing, tapi tetap bisa mengakomodasi kegiatan bongkar muat ya," ujar Menhub.

(Foto: Arief Setyadi/Okezone)

Berdasarkan pengamatan, kata Menhub, Pelabuhan Sibolga merupakan pelabuhan yang paling baik di bagian barat, khususnya Sumatera. Sebab dengan satu draf kedalaman 9 meter memungkinkan kapal-kapal yang relatif besar masuk.

"Itu bisa mengangkut barang-barang. Sibolga satu pelabuhan, untuk menjangkau masyarakat bagian barat Sumatera, karena praktis di tempat yang lain tidak besar," tutur Menhub.

Menhub menambahkan, harapannya dengan dilakukan pengembangan Pelabuhan Sibolga bisa menjadi salah satu motor ekonomi di Sumut. Hal itu didasari dengan tingginya mobilitas masyarakat yang membutuhkan konektivitas laut.

"Kalau kita lihat banyak industri industri, dan banyak sekali penduduk penduduk yang membutuhkan konektivitas laut, apalagi di sini dekat dengan Pulau Nias ya," katanya.

(Foto: Arief Setyadi/Okezone)

Ada kapal penumpang yang rutin setiap hari datang dan pergi dari Sibolga, dan itu menandakan kegiatan ekonomi di Pulau Nias sangat intensif dan sangat baik.

"Kita akan meningkatkan frekuensi dari kapal penumpang tersebut," ujar Menhub yang didampingi Komisaris Pelindo I Refli Harun.

Apalagi, Pelabuhan Sibolga selain bisa mengangkut penumpang, bisa juga untuk kontainer. Bahkan ke depan akan dibangun juga pelabuhan curah cair (CPO).

"Karena dari sini potensi juga untuk diekspor ya beberapa komoditas," kata Menhub.

Berdasarkan pantauan Okezone, pengembangan Pelabuhan Sibolga terlihat megah. Ada berbagai fasilitas yang memanjakan penumpang.

Di antaranya, dilengkapi skybridge yang menghubungkan terminal penumpang ke dermaga. Selain itu, ruang tunggu yang luas, ruang ibu menyusui, karantina, imigrasi, serta ruang VIP dan sejumlah fasilitas lainnya.

Adapula rooftop di bagian atas pelabuhan dialasi rumput sintetis. Dari sana bisa melihat pemandangan yang indah. Untuk urusan bongkar muat, pelabuhan ini juga dilengkapai alat fix crane dengan kapasitas angkut 40 ton.

(Foto: Arief Setyadi/Okezone)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini