Jokowi Diprediksi Unggul Dua Digit dari Prabowo di Pilpres

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 25 Maret 2019 16:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 25 605 2034716 jokowi-diprediksi-unggul-dua-digit-dari-prabowo-dFXmIOPgIP.jpg Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Berbagai lembaga survei melakukan penelitian untuk mengukur sejauhmana peluang keterpilihan masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019. Hasilnya pun berbeda-beda dari tiap survei.

Pengamat politik dari Analis politik Exposit Starategic Arif Susanto justru memprediksi elektabilitas Jokowi dengan Prabowo selisihnya hingga dua digit. Capres petahana bakal lanjut memimpin pemerintahan untuk periode kedua.

"Bahwa Jokowi-Ma'ruf mengungguli Prabowo-Sandi dengan selisih dua digit dan angka undecided voters terus menurun," katanya di Gambir, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).

(Baca Juga: Pengamat Sebut Kampanye Terbuka Hanya Menyolidkan Suara Masing-Masing Kubu)

Prabowo

Menurut Arif, beragamnya hasil survei merupakan hal yang biasa dalam kontestasi demokrasi. Hanya saja diharapkannya, pada surveyor tidak memanipulasi data dalam melakukan jajak pendapat.

"Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf berjarak lebar dibandingkan tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah," tuturnya.

Namun, jika melihat persepsi kondisi politik, ekonomi, dan hukum secara umum, hal itu bisa berpengaruh dalam Pilpres kali ini. Terutama, di kelompok pemilih usia produktif. Adanya jarak antara tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah dengan elektabilitas mengindikasikan keraguan terhadap petahana.

"Kreativitas lebih diterima pemilih cerdas," tuturnya.

(Baca Juga: Jokowi Ngopi Bareng Milenial di Banyuwangi Bicarakan Kisah Hidup)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini