nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berhubungan Baik dengan Kim Jong-un, Trump Pilih Tak Jatuhkan Sanksi Baru pada Korut

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 30 Maret 2019 12:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 30 18 2037016 berhubungan-baik-dengan-kim-jong-un-trump-pilih-tak-jatuhkan-sanksi-baru-pada-korut-KnZAVQjZGD.jpg Foto: CNN.

PALM BEACH – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Jumat mengatakan bahwa dia memutuskan untuk tidak menjatuhkan sanksi tambahan kepada Korea Utara pekan lalu karena ingin menjaga hubungan yang baik dengan Kim Jong-un. Dia juga mengatakan bahwa rakyat Korea Utara telah “mengalami penderitaan berat”.

"Saya tidak berpikir bahwa sanksi tambahan saat ini diperlukan. Itu tidak berarti saya tidak menjatuhkannya nanti, " kata Trump sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (30/3/2019).

Sepekan yang lalu Trump mengatakan dia telah memutuskan untuk tidak menjatuhkan sanksi baru berskala besar pada Korea Utara.

Trump dan Kim bertemu di Hanoi bulan lalu untuk KTT kedua, yang gagal karena tuntutan yang saling bertolak belakang dari Pyongyang dan Washington terkait sanksi dan senjata nuklir.

Washington mengatakan pihaknya bermaksud untuk kembali melakukan pembicaraan dengan Kim, tetapi Korea Utara telah memperingatkan pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menunda perundingan dan mungkin memikirkan kembali pembekuan pada uji coba rudal dan nuklir kecuali Washington membuat konsesi.

“Mereka sangat menderita di Korea Utara. Mereka mengalami kesulitan, "kata Trump pada Jumat.

Trump mengatakan dia memiliki hubungan yang sangat baik dengan Kim. "Saya pikir sangat penting bagi Anda untuk mempertahankan hubungan itu setidaknya selama yang Anda bisa," ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini