nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Perintahkan Relokasi Korban Banjir Bandang Sentani dan Rehabilitasi Pegunungan Cyclop

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 01 April 2019 17:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 01 337 2037869 jokowi-perintahkan-relokasi-korban-banjir-bandang-sentani-dan-rehabilitasi-pegunungan-cyclop-CBgVUgwDWW.jpg Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kunjungi Posko Korban Banjir Bandang Sentani, Jayapura, Papua (foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan warga korban banjir di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua segera direlokasi, karena tempat tinggalnya saat ini sangat rawan bencana. Mereka akan dibangun tempat tinggal baru oleh pemerintah setempat di lokasi lain.

Selain relokasi para korban, Jokowi juga memerintahkan merehabilitasi atau menghijaukan kembali pegunungan Cyclop yang merupakan kawasan resapan di Jayapura. Kerusakan hutan di Cyclop diyakini sebagai faktor pemicu longsor dan banjir bandang yang menewaskan 113 orang di Sentani.

Presiden Jokowi dan Rombongan Kunjungi Korban Banjir Bandang di Sentani, Jayapura, Papua (foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Baca Juga: Masa Tanggap Darurat Bencana Banjir Bandang Sentani Ditutup 

"Nah relokasinya akan segera ditetapkan oleh gubernur dan bupati dan kalau sudah tempatnya nanti dibebaskan dan sudah ditetapkan baru kita akan masuk nanti untuk pembangunan rumahnya," kata Jokowi saat meninjau para korban, Senin (1/4/2019).

Jokowi meminta Pemprov Papua segera menetapkan lokasi untuk warga korban banjir bandang tersebut. Sehingga, pemerintah bisa langsung menganggarkan biaya pembangunan rumah untuk korban banjir di Sentani.

"Saya ingin agar secepatnya ada penetapan lokasi sehingga masyarakat bisa mendapatkan kepastian di mana dan segera rumah-rumah itu akan dibangun," ujarnya.

Kepala Negara juga telah mempersiapkan penanganan pengungsi jangka pendek di Sentani. Ia juga menekankan agar Pemprov Papua bisa melakukan penghijauan kembali lokasi banjir bandang tersebut.

"Tapi jangka panjang yang namanya harus direhabilitasi. Harus dihijaukan kembali, harus ditanam kembali sehingga bencana bencana yang kemarin datang itu tidak terjadi lagi," katanya.

Presiden Jokowi dan Rombongan Kunjungi Korban Banjir Bandang di Sentani, Jayapura, Papua (foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Menteri PUPR untuk Membereskan Daerah Terdampak Banjir di Sentani

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan melibatkan semua pihak untuk menghijaukan kembali kawasan pegunungan Cyclop yang menjadi penyebab banjir bandang di Sentani.

"Semua dilibatkan,agar pengerjaan lapangannya cepat segera dikerjakan. semua tadi (ada) BNPB,gubernur, bupati, gereja semuanya dilibatkan," tuturnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini