Mahkamah Agung Venezuela Ajukan Pencabutan Kekebalan dari Pemimpin Oposisi Guaido

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 02 April 2019 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 02 18 2038330 mahkamah-agung-venezuela-ajukan-pencabutan-kekebalan-dari-pemimpin-oposisi-guaido-qK7w9XT66K.jpg Foto: AFP.

CARACAS - Mahkamah Agung Venezuela telah meminta pencabutan kekebalan parlemen yang dimiliki pemimpin oposisi Juan Guiado. Langkah tersebut dapat berujung pada penangkapan dan penjeblosan Guaido ke penjara.

Majelis konstituen diprediksi akan mendukung permintaan dari Mahkamah Agung tersebut.

Putusan pengadilan menyatakan Guaido harus dituntut karena melanggar larangan perjalanan ketika dia melakukan tur di beberapa negara Amerika Latin beberapa pekan yang lalu. Mahkamah Agung juga telah melarangnya memegang jabatan selama 15 tahun dan menangkap orang dekatnya atas tuduhan terorisme.

Guaido tidak mengakui keputusan itu sebagai putusan yang memiliki legitimasi dan tidak akan mengubah apa pun dalam upayanya untuk menggantikan Maduro sebagai presiden. Demikian diwartakan jurnalis BBC di Caracas, Will Grant, Selasa (2/4/2019).

AS telah berulang kali memperingatkan pemerintah Maduro bahwa menangkap atau menyakiti Guaido akan memiliki "konsekuensi serius".

Guaido menyatakan dirinya pemimpin interim Venezuela pada Januari dan mendapatkan dukungan dari lebih dari 50 negara termasuk Amerika Serikat (AS).Tetapi Presiden Nicolás Maduro juga memiliki sekutu yang kuat dan tetap mempertahankan dukungan penting dari militer negaranya.

Krisis politik yang terjadi antara dua kekuatan tersebut telah meningkatkan ketegangan di negara kaya minyak di Amerika Latin itu. Warga Venezuela juga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih dan pasokan listrik dalam beberapa pekan terakhir di tengah situasi yang tidak menentu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini