Majelis Konstituante Venezuela Cabut Kekebalan Pemimpin Oposisi Juan Guaido

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 03 April 2019 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 03 18 2038554 majelis-konstituante-venezuela-cabut-kekebalan-pemimpin-oposisi-juan-guaido-ilujYQydmM.jpg Juan Guaido. (Foto: AFP)

CARACAS – Majelis Konstituante Nasional Venezuela (ANC) telah menyetujui permintaan Mahkamah Agung untuk mencabut kekebalan parlemen yang dimiliki Juan Guaido. Langkah ini membuka jalan bagi Mahkamah Agung mengambil langkah hukum terhadap pemimpin oposisi yang didukung Amerika Serikat (AS) itu.

Keputusan untuk mencabut kekebalan Guaido diumumkan sehari setelah Mahkamah Agung Venezuela mendesak ANC mengambil tindakan terhadap tokoh yang memproklamirkan dirinya sebagai presiden interim Venezuela itu. Guaido dituduh telah menghasut terjadinya kekerasan di Venezuela dan melakukan kegiatan keuangan ilegal.

“Keadilan diperlukan untuk jaminan perdamaian," kata Presiden Majelis Diosdado Cabello sebagaimana dilansir RT, Rabu (3/4/2019). Dia menambahkan bahwa ANC menyetujui permintaan pengadilan tinggi sehingga ada keadilan di Venezuela.

Pencabutan kekebalan Guaido membuka jalan untuk dilakukannya proses hukum terhadap pria berusia 35 tahun.

"Kadang-kadang hukum membutuhkan waktu, tapi jangan putus asa," kata Cabello, merujuk pada penyelidikan kriminal terhadap Guaido yang saat ini sedang dilakukan oleh Kantor Kejaksaan Umum dan Mahkamah Agung.

Majelis Nasional yang dipimpin Guaido tidak memiliki kekuatan nyata di Venezuela sejak Majelis Konstituante dibentuk setelah pemilihan umum 2017. Meski badan unikameral yang dikontrol oposisi itu di atas kertas masih fungsional, tetapi cabang dan lembaga pemerintah lainnya telah menolak untuk mengakui otoritasnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini