nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhan Resmi Buka Forum Ulama Sufi Internasional

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 08 April 2019 21:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 08 512 2040708 menhan-resmi-buka-forum-ulama-sufi-internasional-kvhtrpAv2f.JPG Menhan RI, Ryamizard Ryacudu dalam acara Forum Ulama Sufi Internasional (Foto: Ist)

PEKALONGAN - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Jenderal TNI (Purn) Ryamizad Ryacudu resmi membuka kegiatan Forum Ulama Sufi Internasional (World Sufi Forum) yang berlangsung di Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (8/4/2019). Pembukaan itu diawali dengan pemukulan beduk.

Pada kesempatan itu, Menhan turut didampingi Bupati Pekalongan, Asif Kholbihi dan Rais 'Aam Idarah Aliyah Jam'iyyah Ahli Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyah (JATMAN), Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

Di hadapan ribuan peserta forum yang berasal dari puluhan negara itu, Menhan memuji peran ulama tarekat dalam memerjuangkan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ajaran para ulama tarekat menurutnya, menjadi akar tumbuhnya nasionalisme serta bangkitnya perlawanan terhadap pemerintah kolonial Belanda.

"Ulama tarekat harus berada paling depan untuk menjaga rumah kita yaitu NKRI yang tercinta ini," kata Menhan.

Habib Luthfi bin Yahya

Selain itu, mantan KSAD ini juga memuji sosok Habib Luthfi yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi dengan berpegang teguh pada ideologi Pancasila. Para ulama tarekat lanjut Menhan, juga memiliki peranan penting dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Ulama tarekat harus berada paling depan untuk menjaga rumah kita yaitu NKRI yang tercinta ini," harapnya.

Sekadar diketahui, Pekalongan kembali didaulat menjadi tuan rumah untuk yang ketiga kalinya dalam hajatan para ulama sufi internasional. Kegiatan ini diprakarsai oleh Jam'iyyah Ahli Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) dan akan berlangsung pada 8-10 April 2019 mendatang.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini