nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satgultor TNI Gelar Latihan Penanggulangan Terorisme di Ancol

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 10:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 09 337 2040928 satgultor-tni-gelar-latihan-penanggulangan-terorisme-di-ancol-yIpMqxxQUF.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin latihan Satgultor TNI. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) TNI menggelar Latihan Penanggulangan Terorisme Tahun Anggaran 2019 di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara. Dalam latihan ini Satgultor TNI melakukan simulasi pembebasan sandera yang melibatkan Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, dan Paskhas TNI AU.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi latihan, Selasa (9/4/2019), pembebasan sandera dimulai sekira pukul 08.35 WIB. Kelompok Foreign Terrorist Fighters (FTF) mulai memeragakan sabotase rapat koordinasi yang dilaksanakan pemerintah dan berhasil menguasai Hotel Mercure.

Mengetahui sabotase itu, TNI melalui Government Intelligence Agency melakukan proses negosiasi terhadap para teroris, sekaligus memberi waktu pasukan untuk mendekati lokasi dan melakukan operasi khusus.

(Baca juga: Ratusan Panah Diamankan Satgas TNI Konga Monusco dari Suku Twa dan Buntu)

Latihan Satgultor TNI. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

Setelah mendapat perintah, pasukan Denjaka TNI melumpuhkan para teroris yang berjaga di area pantai. Di saat yang sama Kopassus TNI AD dan pasukan Paskhas TNI AU juga mematikan pergerakan teroris di area atap hotel dengan mengerahkan sniper.

Aksi kemudian dilanjutkan dengan melumpuhkan teroris yang berjaga di depan Hotel Mercure oleh Satgultor TNI dengan menerobos masuk menggunakan kendaraan taktis. Saat itu pula pasukan Denjaka TNI AL berusaha masuk menggunakan sea rider dan jetski menuju lokasi jetski Ancol yang dikuasai teroris untuk membebaskan sandera.

Sementara di bagian atap Hotel Mercure, pasukan TNI melakukan fastroping dari Heli Bell TNI AD dan Heli Super-Puma TNI AU dan melakukan rapling masuk ke dalam kamar untuk membebaskan sandera.

Saat mengetahui adanya pasukan TNI menyergap, para teroris tampak panik dan berlaria menyebar ke arah pantai yang akhirnya berhasil dilumpuhkan oleh pengendali K-9 milik Tim Cakra Satgultor Kopassus.

(Baca juga: Bedah Rumah ala TNI Disambut Haru Nenek Sebatang Kara)

Latihan Satgultor TNI. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

Sementara teroris lainnya berusaha kabur membawa sandera dengan mengendarai jetski ke arah laut. Namun, pasukan Denjaka TNI AL dengan sigap melumpuhkan para pelaku. Sandera yang dibawa pun berhasil diselamatkan dan dievakuasi oleh satu unit helikopter menuju tempat yang aman.

Adapun aksi simulasi pembebasan sandera ini berlangsung sekira 30 menit. Dalam latihan tersebut turut hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dengan didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna.

(han)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini