nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Militer Sudan Dilaporkan Telah Kudeta Presiden Omar Al Bashir

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 13:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 11 18 2041998 militer-sudan-dilaporkan-telah-lakukan-kudeta-terhadap-presiden-omar-al-bashir-WwH0lEvJ9t.jpg Demonstrasi massal telah terjadi di Sudan sejak Desember 2018. (Foto: AP)

KHARTOUM – Militer Sudan dilaporkan telah melakukan kudeta dan menyingkirkan Presiden Omar al Bashir dari semua posisi menyusul demonstrasi besar-besaran yang telah terjadi selama beberapa pekan. Demonstrasi anti-pemerintah yang menuntut pengunduran diri Bashir tersebut telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa, termasuk 11 orang yang tewas dalam insiden pada Selasa.

Berdasarkan laporan Al Mayadeen yang dilansir Sputnik, Kamis (11/4/2019), anggota angkatan bersenjata Sudan telah mengumumkan bahwa Presiden Bashir telah dipecat dari semua jabatan di tengah demonstrasi yang berlangsung. Sumber yang dikutip oleh media Lebanon tersebut mengatakan bahwa militer Sudan berencana untuk mengumumkan pembentukan dewan militer yang akan mengatur negara Afrika utara itu selama masa transisi yang mungkin berlangsung selama setahun.

Semua asisten dan wakil Bashir juga diduga telah dipecat, meski sejauh ini belum ada konfirmasi mengenai laporan tersebut. Al Mayadeen juga melaporkan tentang kehadiran militer intensif di Ibu Kota Khartoum.

Sebelumnya, pada hari yang sama, surat kabar Sudan Tribune melaporkan bahwa Staf Umum Angkatan Bersenjata Sudan menggelar rapat darurat di Khartoum tanpa kehadiran Bashir. Surat kabar itu mencatat bahwa personel militer telah memasuki gedung penyiar TV nasional dan berjanji untuk membuat pernyataan penting.

Sejak Desember, demonstrasi yang dipicu oleh kenaikan harga barang-barang konsumsi telah melanda Sudan. Demonstrasi massal tersebut mendorong Presiden Omar Bashir, yang telah berkuasa selama 30 tahun, untuk membubarkan kabinet dan menyatakan keadaan darurat nasional selama setahun.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini