nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dalai Lama Telah Diizinkan Pulang dari Rumah Sakit Delhi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 16:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 12 18 2042609 dalai-lama-telah-diizinkan-pulang-dari-rumah-sakit-delhi-BmH6VqEpQ1.jpg Dalai Lama. (Foto: Reuters)

NEW DELHI - Dalai Lama telah dipulangkan dari rumah sakit di Delhi, India, tiga hari setelah dilarikan ke rumah sakit karena menderita infeksi dada.

Associated Press melaporkan, pemimpin spiritual Tibet itu mengatakan bahwa dia merasa “normal, hampir normal”. Sementara juru bicara Tenzin Takiha mengatakan pria berusia 83 tahun itu menderita “batuk ringan” tetapi dia dalam keadaan yang baik.

Dalai Lama, seorang pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, melarikan diri ke India 60 tahun yang lalu setelah pemberontakan yang gagal melawan pemerintahan China. Dia sekarang tinggal di pengasingan di kota India Dharamsala.

"Dia keluar dari rumah sakit pada pukul delapan pagi," kata Mr Taklha kepada kantor berita AFP, Jumat (12/4/2019).

Sehari sebelumnya, Taklha mengatakan Dalai Lama telah melanjutkan "rutinitas normalnya" dan sedang melakukan latihan. Dia diperkirakan akan menghabiskan beberapa hari beristirahat di Delhi sebelum kembali ke Dharamsala.

China mengambil kendali atas Tibet pada 1950 dan melihat Dalai Lama sebagai separatis yang berbahaya. Pertanyaan tentang siapa yang akan menggantikannya ketika dia meninggal sangat diperdebatkan.

Beijing mengatakan para pemimpinnya memiliki hak untuk memilih pengganti Dalai Lama. Namun bulan lalu, Dalai Lama menegaskan kembali bahwa pemimpin yang ditunjuk oleh China tidak akan diterima oleh warga Tibet.

Dalam kepercayaan Buddha Tibet, jiwa lama yang paling senior akan bereinkarnasi ke dalam tubuh seorang anak.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini