nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lawan Tak Hadir, Presiden Ukraina Berdebat dengan Podium Kosong

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 15 April 2019 15:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 15 18 2043758 lawan-tak-hadir-presiden-ukraina-berdebat-dengan-podium-kosong-hmH49pcIHp.jpg Presiden Ukraina, Petro Poroshenko berdebat dengan podium kosong. (Foto: EPA)

KIEV - Presiden Ukraina, Petro Poroshenko berdebat dengan podium kosong setelah saingannya dalam pilpres, komedian Volodymyr Zelensky tidak muncul di acara tersebut. Poroshenko bicara sendiri di depan ribuan orang yang hadir di Stadion Olimpiade Kiev pada Minggu.

Kedua kandidat dalam pemilihan presiden itu telah setuju untuk melakukan debat yang disiarkan televisi pekan lalu, tetapi gagal menyepakati tanggal kapan debat itu akan dilangsungkan.

Zelensky lebih menyukai debat digelar pada Jumat pekan ini, dua hari sebelum mereka saling berhadapan dalam pemilihan putaran kedua.

Poroshenko, yang tertinggal dari saingannya setelah hanya memperoleh 16 persen suara pada putaran pertama, tampaknya sekarang berharap memanfaatkan ketidakhadiran Zelensky di Stadion Olympiyskiy Kiev untuk acara debat yang disiarkan televisi itu.

Menurut koresponden BBC di Kiev Jonah Fisher, mantan pengusaha itu menginginkan debat untuk mengungkap fakta bahwa lawannya, yang tidak memiliki pengalaman politik, tidak pernah benar-benar mengartikulasikan visi politik atau ide-idenya tunduk di bawah sorotan publik.

Namun, sang petahana justru menggunakan waktu tunggu selama 45 menit di podium untuk menjawab pertanyaan wartawan, dan menyerang lawannya yang absen.

Poroshenko, yang menurut para kritikus tidak cukup berbuat untuk memerangi isu-isu seperti korupsi di negara Eropa Timur, menjuluki kampanye pemilu sebagai "film bisu", dan menuduh Zelensky takut.

"Jika dia bersembunyi dari orang-orang lagi, jika dia takut, kami akan mengundangnya lagi. Kami akan mengundangnya setiap hari ke setiap pertunjukan langsung agar seluruh negara untuk melihat siapa yang akan dipilih untuk lima tahun ke depan," katanya kepada kerumunan dan kamera televisi pada saat kedatangannya.

Zelenksy sejauh ini mengabaikan aturan yang biasa di seputar kampanye. Dia tidak melakukan aksi kampanye dan hanya memberikan beberapa wawancara. Zelensky lebih suka berkomunikasi melalui media sosial.

Sejauh ini juga tidak jelas apa pandangan politiknya, terlepas dari keinginan untuk menjadi baru dan berbeda.

Meskipun demikian, ia menyelesaikan putaran pertama dengan nyaman dalam memimpin, meraih lebih dari 30 persen suara, dan masih favorit untuk memenangi pemungutan suara akhir pekan depan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini