Jika Surat Suara Habis dan Pemilih Masih Antre, KPU: Silakan Nyoblos di TPS Sebelah

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 15 April 2019 18:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 15 606 2043833 jika-surat-suara-habis-dan-pemilih-masih-antre-kpu-silakan-nyoblos-di-tps-sebelah-sfNHlhChXC.jpg

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersilakan pemilih bisa menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) lain, asalkan Surat Suara telah habis di TPS awal.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Azis mengatakan dalam persoalan tersebut, pemilih terlebih dahulu harus melakukan pelaporan ke pihak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat. hal ini dimaksudkan agar KPPS TPS domilisi akan berkoordinasi dengan KPPS yang ditunjuk.

"Bisa (pindah surat suara habis), bisa. Kan itu nanti KPPS kita yang akan urus, prinsipnya Daftar Pemilih Khusus (DPK) dalam negeri harus sesuai dengan alamat pada KTP elektronik atau Surat Keterangan (Suket)," katanya kepada wartawan, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Senin (15/4/2019).

Melalui mekanisme yang dilakukan KPPS itu, nantinya pemilih terlebih dahuli tidak perlu mendatangi TPS lain, Melaninkan, menunggu informasi dari petugas KPPS di TPS sesuai DPT.

"Nanti diarahkan oleh jajaran kami, bukan pemilihnya sendiri datang. Artinya, selama masih ada di satu desa atau kelurahan TPS, yang lain nanti bisa dipindahkan ke situ. Tapi, nanti diarahkan oleh petugas kami oleh KPPS di TPS," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini