LSI Denny JA Jamin Hasil Quick Count Pilpres 2019 Tak Akan Meleset

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 12:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 20 605 2045805 lsi-denny-ja-jamin-hasil-quick-count-pilpres-2019-tak-akan-meleset-hWT4ARDqLF.jpg Diskusi Polemik MNC Trijaya (Foto: Achmad/Okezone)

JAKARTA - Peneliti dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby menegaskan hasil quick count atau hitung cepat yang dilakukan pihaknya dengan hasil mengunggulkan Paslon nomor 01, Jokowi-Ma'ruf Amin dapat dipertanggungjawabkan.

"Kalau bicara metodologi, dari 2004 sudah banyak diskusi. Dari 2004 sampai sekarang belum ada quick count yang meleset," ujarnya dalam diskusi MNC Trijaya 'Pemilu Serentak Yang Menghentak' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2019).

Adjie pun berani menjamin, hasil survei yang dilaksanakannya maupun dilakukan berbagai lembaga survei lainnya, pada Pemilu 2019 tidak akan meleset.

"Mulai lokal sampai sekarang enggak ada yang meleset. Hampir semua lembaga tak ada yang meleset. Kalau kredibilitas dan lain-lain harusnya tak ada yang diragukan lagi," tegasnya.

Ilustrasi

(Baca Juga: Amien Rais: Pada saat Seperti Ini Muncul Tokoh Serba Bimbang & Safety Player)

Sebelumnya, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Pipin Sopian mengatakan hasil quick count dianggap menggiring opini publik sehingga merugikan kubunya.

"Quick count ini merubah persepsi masyarakat. Nanti akan ada pemikiran 'ah udah lah udah kalah', dan ada upaya untuk membuat kemenangan seperti hasil quick count. Lembaga survei yang sudah menyajikan penghitungan cepatnya yang menggambarkan seakan-akan pemilu ini sudah selesai," kata Pipin.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini