nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kim Jong-un Senang dengan Peluncuran Roket Jarak Jaruh Korea Utara

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 15:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 06 18 2052127 kim-jong-un-senang-dengan-peluncuran-roket-jarak-jaruh-korea-utara-ZomCXrYOOt.jpg Kim Jong-un ditemani salah satu jenderal memantau peluncuran rudal jarak jauh. Foto/Reuters

PYONGYANG – Pemimpin Korea utara Kim Jong-un memantau langsung peluncuran roket jarak jauh terbaru terbaru negara itu.

Ini adalah peluncuran rudal pertama sejak 2017 usai Kim bertemu Presiden AS Donald Trump di Vietnam, yang tak ada kesepakatan soal nuklir.

Korut juga menembakkan rudal jarak pendek dari kota Wonsan sekitar pukul 09.00 waktu setempat, kata Kantor Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Kim yang memantau langsung peluncuran merasa senang dan mengatakan bahwa semua petugas yang meluncurkan roket adalah "penembak ulung" dan mampu melaksanakan tugas dalam mengatasi situasi apa pun.

Foto/Reuters

Peluncuran ini adalah yang pertama sejak Korut menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) pada November 2017.

Penembakan rudal itu dilakukan setelah uji coba Korut atas apa yang disebutnya sistem senjata taktis, menambah tekanan yang diberikannya pada Washington dalam pembicaraan untuk mengakhiri program nuklir Korut.

"Tampaknya jelas bahwa Korea Utara marah karena kurang fleksibelnya posisi pemerintahan Trump untuk meringankan sanksi Korut," kata Harry Kazianis dari Pusat Kepentingan Nasional, sebuah lembaga kebijakan.

Kim telah dua bertemu dengan Presiden AS Donald Trump, tetapi pertemuan keduanya gagal membuat kemajuan untuk mengakhiri program nuklir Korea Utara.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini