Share

Terbanyak, 5,6 Juta Pemudik Bakal "Serbu" Jawa Tengah

Taufik Budi, iNews.id · Senin 06 Mei 2019 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 06 512 2051874 terbanyak-5-6-juta-pemudik-bakal-serbu-jawa-tengah-7ofxnpuwui.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

SEMARANG – Jumlah pemudik yang bakal masuk ke Jawa Tengah diperkirakan mencapai 5,6 juta orang. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak menjadi tujuan pemudik disbanding provinsi-provinsi lain di Tanah Air.

Kementerian Perhubungan mencatat, pada tahun ini total pemudik sebanyak 14 juta dari Jabodetabek. Dari jumlah tersebut sebanyak 5,6 juta berasal dari Jawa Tengah. Program mudik gratis pun disiapkan untuk membantu warga pulang ke kampung ke kampung halaman.

"Mudik tahun 2019 ini Kemenhub menyiapkan 1.300 bus, di antaranya akan mengantarkan 56 ribu orang ke-32 kota ke Jateng. Sisanya ke Jatim, Lampung dan Padang," kata Menteri Perhubungan Budi Karya saat rapat persiapan mudik, di Gedung Gradhika Kompleks Perkantoran Gubernur Jawa Tengah Jalan Pahlawan, Semarang, Minggu (5/5/2019).

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menyediakan program mudik gratis dari Jakarta ke tiga titik padat pemudik, yakni Banyumas, Solo dan Semarang. Ada pula tiga rangkaian kereta berkapasitas 6.000 orang, kapal berkapasitas 2.000 orang dan kendaraan bermotor serta lebih dari seribu bus. Untuk Pemprov Jateng menyediakan 207 bus, tiga rangkaian kereta serta kapal.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

(Baca Juga: Anies: Semoga Puasa Kita Mencapai Derajat Ketakwaan Lebih Tinggi)

"Mudah-mudahan bisa kita lakukan, sehingga mudik melahirkan suasana yang menggembirakan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Untuk pendaftaran mudik gratis tersebut, cukup menunjukkan KTP di Kantor Perwakilan Jateng di Jalan Prapanca II Nomor 11 Jakarta Selatan. Program mudik gratis itu telah dibuka sejak 24 April sampai kuota terpenuhi.

Dalam rapat yang berlangsung sekira 2,5 jam tersebut juga dihadiri Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko A Dahniel, Wakapolda Yogyakarta Bimo Anggoro Seno serta Kapolres dan Kepala Dinas Perhubungan se-Jawa Tengah. Ada tiga poin penting dalam rapat persiapan mudik untuk wilayah Jateng - DIY tersebut, yakni terkait lalu lintas, infrastruktur, serta pelayanan mudik gratis.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini