nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alquran Raksasa Sedot Perhatian Jamaah Masjid di Makassar

Herman Amiruddin, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 02:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 09 609 2053751 alquran-raksasa-sedot-perhatian-jamaah-masjid-di-makassar-M0FLhtRaeq.JPG Alquran raksasa di Masjid Raya Makassar (Foto: Herman Amiruddin/Okezone)

MAKASSAR - Selain dikenal sebagai salah satu masjid megah di Indonesia, Masjid Raya Makassar menyimpan sejumlah keunikan. Salah satunya yakni keberadaan Alquran berukuran raksasa. Selama bulan Ramadan, Alquran ini menjadi salah satu daya tarik di Masjid Raya Makassar.

Masjid yang terletak di Jalan Masjid Raya, Makassar ini merupakan salah satu masjid megah di Kota Daeng. Warga Makassar, Faizal berujar, masjid ini menjadi pilihan nomor wahid bagi warga setempat untuk melaksanakan ibadah selama Ramadan.

"Pada bulan Ramadan, Masjid Raya banyak dikunjungi oleh warga Makassar. Pada siang hari, banyak jamaah yang melaksanakan salat zuhur beristirahat sejenak sambil menunggu waktu saalat ashar, kemudian saalat magrib hingga salat tarawih," kata Faizal kepada Okezone, Kamis (9/5/2019).

Selain tenar dengan kemegahan arsitekturnya, Masjid Raya Makassar juga menyimpan kekhasan tersendiri yakni keberadaan mushaf Alquran raksasa di masjid itu. Kitab suci umat Islam berukuran 1x1,5 meter persegi dengan bobot mencapat 584 kilogram itu kerap menyedot animo jamaah apalagi di bulan Ramadan.

Alquran Raksasa di Masjid Raya Makassar

Alquran itu terlihat terbingkai kaca dan disimpan rapi di lantai 2 Masjid Raya Makassar. Alquran tersebut menurut informasi ditulis langsung oleh KH. Ahmad Faqih. Mushaf Alquran raksasa berisi 30 juz ini tak pelak menjadi salah satu objek wisata religi umat muslim.

Menurut informasi yang diperoleh Okezone, Alquran ini ditulis dengan menggunakan tinta berasal dari China yang dicampur dengan cairan teh kental yang menghasilkan warna emas kehijauan pada hiasan di setiap halamannya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini