nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub: Mudik Lebih Awal Agar Tak Terjebak Macet!

krjogja.com, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 10:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 13 519 2054939 menhub-mudik-lebih-awal-agar-tak-terjebak-macet-9zUlxwF5ze.jpg Budi Karya (Ilustrasi antara)

SURABAYA - Kementerian Perhubungan, Kementerian Sosial, Korps Lalu Lintas Kepolisian, dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Angkutan Lebaran tahun 2019 di Gedung Negara Grahadi, di Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Jawa Timur.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan berfungsinya jalan tol, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kecepatan dan rambu-rambu lalu lintas. Ia mengimbau pengemudi agar tidak memacu kecepatan kendaraan di tol lebih dari 100 km per jam.

 Baca juga:

Selain itu, pentingnya melakukan ram check terutama bagi armada bus. Apalagi banyak yang kondisinya kurang layak dan armada ini banyak diminati warga semenjak beroperasinya jalan tol. Serta, masalah lain yakni banyaknya pengemudik yang mengggunakan sepeda motor. Selain karena murah, sepeda motor merupakan favorit pemudik karena bisa digunakan di kampung halaman.

 https://img.okeinfo.net/content/2019/05/10/337/2053908/antisipasi-kecelakaan-dan-kemacetan-di-cikopo-palimanan-saat-mudik-rejpIZlIX7.jpg

“Untuk itu, saya menganjurkan ada program mudik gratis melalui CSR perusahaan-perusahaan yang ada di Jatim,” tutur Budi Karya usai rakor.

Terkait perjalanan mudik terutama di wilayah kepulauan, Budi Karya mengusulkan Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan kampanye kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal. Hal ini untuk menghindari overload terutama di tanggal-tanggal puncak arus mudik.

“Mudik lebih awal ini dilakukan agar lebih terbagi dan merata, jadi Dishub di daerah bisa melakukan sosialisasi dan komunikasi mulai sekarang,” katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini