nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayatollah: Iran Tidak Ingin Berperang dengan Amerika Serikat

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 11:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 15 18 2055909 ayatollah-iran-tidak-ingin-berperang-dengan-amerika-serikat-6T7QRY79Qa.jpg Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali al-Sistani. Foto/Al Jazeera

LONDON - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Selasa 14 Mei 2019 mengatakan negaranya tidak ingin berperang dengan Amerika Serikat meski ketegangan antara dua musuh bubuyutan atas kemampuan nuklir Iran dan program rudal miliknya meningkat.

Dalam pernyataan ke sejumlah pejabat senior yang disiarkan melalui stasiun TV pemerintah, Khamenei kembali menegaskan bahwa Republik Islam Iran tidak akan menggelar perundingan kesepakatan nuklir lainnya dengan Amerika Serikat.

"Tidak akan terjadi perang. Negara Iran memilih jalur perlawanan," kata Khamenei, dilansir media negara tersebut. "Kami tidak ingin perang, dan mereka pun demikian. Mereka tahu itu bukan kepentingannya."

BacaIran Klaim Berhasil Ungkap Jaringan Ratusan Mata-Mata AS 

Presiden Donald Trump tahun lalu menarik dari kesepakatan nuklir Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) pada 2018.

Amerika kemudian memberikan sanksi-sanksi baru terhadap Iran dan secara praktis memaksa negara-negara lain turut mengembargo Iran.

Baru-baru ini, AS juga mengerahkan kapal induk USS Abraham Lincoln bersama pesawat-pesawat pengebom B-52 ke Teluk.

(fzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini