nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

148 Peserta Aksi 22 Mei di Jawa Timur Dicegah Polisi

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 16:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 519 2058024 148-peserta-aksi-22-mei-di-jawa-timur-dicegah-polisi-9WCbARhTSP.jpg Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan (foto: Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA - Kepolisian berhasil menggagalkan setidaknya 148 orang yang diduga akan mengikuti aksi 22 Mei di Jakarta yang melalui wilayah Jawa Timur.

Dari informasi yang dihimpun, di Surabaya, kepolisian menggagalkan keberangkatan 24 orang asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan saat sedang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Baca Juga: Kabar Suku Baduy Luar Bergerak ke Jakarta untuk Hancurkan Kecurangan Rezim, Ini Faktanya 

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menyebut bila setidaknya 148 orang berhasil digagalkan saat akan melintasi Jawa Timur hendak ke Jakarta mengikuti aksi 22 Mei.

Ilustrasi Pengamanan Polisi (foto: Okezone)	 

"Ada informasi masyarakat dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan menuju ke Jakarta dengan menggunakan kapal Mutiara Pelindo sandar di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya," ungkap Luki Hermawan melalui siaran tertulis, Senin (20/5/2019).

Ia menyebut bila 24 orang yang diduga akan menuju Jakarta ini singgah ke Surabaya, sebelum akhirnya berangkat ke Jakarta dengan menggunakan kereta api dari Stasiun Pasar Turi pukul 11.00 WIB.

"Kami temukan rencana tiket keberangkatan kereta api tujuan Jakarta. Tiketnya pada pukul 11.00 WIB, untuk kemudian bergabung dalam aksi pada 22 Mei 2019 lusanya," tambah Luki.

Pihaknya pun memberikan pemahaman dan himbauan kepada 24 orang tersebut untuk tidak berangkat ke Jakarta. "Usai diberikan pemahaman tentang situasi yang ada, akhirnya mereka menyadari. Dan rencana kami akan pulangkan," tuturnya.

Sementara itu di Jembatan Suramadu, kepolisian mengamankan 3 unit mobil elf berisi 56 orang pada Senin dini hari. Diduga mereka juga akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi 22 Mei.

Baca Juga: Jelang 22 Mei, Polri: Analisis Intelijen Situasi Sangat Kondusif 

Di Kota Malang, kepolisian berhasil mengamankan 18 orang yang diduga berangkat ke Jakarta dengan menaiki bus pariwisata. Rombongan ini berhasil diamankan kepolisian saat kumpul di suatu tempat berkat informasi dari masyarakat.

Sedangkan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi setidaknya 26 orang asal Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil diamankan ke Mapolres Banyuwangi. Mereka menyeberang menggunakan sebuah bus dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini