nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabar Suku Baduy Luar Bergerak ke Jakarta untuk Hancurkan Kecurangan Rezim, Ini Faktanya

Ade Putra, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 15:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 337 2057999 kabar-suku-baduy-luar-bergerak-ke-jakarta-untuk-hancurkan-kecurangan-rezim-ini-faktanya-wR9NGAfIwP.jpg Seba Baduy 2019 (foto: Jamkridabanten.co.id)

BEREDAR foto dengan narasi suku Baduy siap bergerak ke Jakarta untuk membela kebenaran Pemilu 2019 dan menghancurkan kecurangan rezim. Foto yang diunggah akun Facebook Waras Pamungkas itu juga dilengkapi narasi sebagai berikut:

"SUKU BADUY LUAR BANTEN DENGAN SEGALA ILMU KANURAGANNYA SIAP BERGERAK KE JAKARTA BELA KEBENARAN DAN HANCURKAN KECURANGAN REZIM."

Cek Fakta Baduy Luar ke Jakarta untuk Menghancurkan Kecurangan Rezim (foto: Ist)	 

Setelah dilakukan penelusuran Ria Fajriah, salah satu relawan Masayarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), diketahui bahwa foto tersebut adalah foto suku Baduy yang sedang menghadiri acara Seba Baduy 2019.

Di mana acara dimulai dari tanggal 2-4 Mei 2019 di Kabupaten Lebak. Kemudian pada tanggal 5 Mei 2019 di Provinsi Banten, yang bertempat di Museum Negeri Banten, Alun-alun Kota Serang. Sumber asli foto diambil Waras Pamungkas dari link salah satu media lokal di Banten.

"Jadi, foto itu memang foto suku Baduy. Tapi bukan sedang bergerak ke Jakarta. Melainkan sedang menghadiri acara Seba Baduy yang dihadiri sebanyak 1.037 masyarakat Baduy," jelas Ria dalam debunk-nya, Senin (20/5/2019).

Sebagai referensi, Ria juga membagikan video yang berkaitan dengan acara Seba Baduy tersebut. Seperti video yang dipublikasikan channel YouTuber Baduy Corner dan beberapa pemberitaan lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Konten yang dibagikan akun Waras Pamungkas itu adalah disinformasi atau konten yang salah. Dimana ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah. Dia menambahkan narasi untuk membangun premis yang salah," tegas Ria.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini