nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lebaran 2019: Jumlah Pemudik Diprediksi Capai 23 Juta Orang

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 09:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 24 337 2059905 mudik-lebaran-2019-jumlah-pemudik-diprediksi-capai-23-juta-orang-i1qj8Ae3Lz.jpg Arus mudik lebaran di Tol Palimanan (Foto: Dok. Okezone)

LEBARAN sebentar lagi tiba. Masyarakat Indonesia punya tradisi yang sudah lama melekat menjelang hari raya Idul Fitri, yaitu pulang kampung alias mudik. Mereka rela menempuh perjalanan jauh hingga ratusan kilometer demi menemui keluarga dan sanak saudara di kampung untuk menjalin silaturahmi di hari raya.

Banyak cara dilakukan mereka untuk bisa sampai ke kampung halaman. Namun, perjalanan darat paling dominan digunakan untuk bisa sampai ke tempat tujuan, selain via laut dan udara. Pemerintah pun terus berupaya maksimal untuk menyukseskan penyelenggaraan mudik lebaran tahun ini.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, memprediksi bakal terjadi lonjakan pemudik tahun ini dibanding tahun 2017 dan 2018 lalu. "Pada 2017 itu ada 20 juta pemudik, lalu 2018 ada 21,6 juta, di mana kenaikannya 6 persen. Kenaikan akan terjadi lagi tahun ini. Tahun ini kurang lebih 23 juta orang yang mudik," kata Menhub belum lama ini.

Dia menegaskan bahwa penyelenggaraan mudik tahun ini harus berjalan aman dan lancar sesuai amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sang kepala negara sebelumnya menginginkan agar mudik tahun ini berlangsung lebih baik, lancar dan aman dari tahun lalu.

Menhub Budi Karya Sumadi

"Oleh karenanya kami bersama dengan Polri, Kementerian PUPR, ESDM, BUMN lakukan evaluasi. Kalau bicara mudik memang ada tiga yaitu udara, laut, dan darat. Apalagi dari Palembang Sumatera Selatan sampai Probolinggo Jawa Timur sudah ada jalan," tuturnya.

Menurutnya, pihaknya telah menggelar rapat dengan Kementerian PUPR untuk memastikan prasarana pada saat mudik bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Untuk mudik tentunya kami lakukan koordinasi dengan Pemda Jabar, Jateng, Jatim untuk mendapatkan masukan-masukan agar keputusan yang akan kita lakukan itu memang benar," kata dia.

Gerbang Jalan Tol

Penerapan Diskon Tarif Tol

Menyambut arus mudik lebaran 2019, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan akan ada pemberlakuan diskon tarif tol saat arus mudik dan balik lebaran 2019. Keputusan itu diambil seusai rapat bersama dengan Badan Usaha Pengatur Jalan Tol (BUJT).

"Pada prinsipnya BUJT akan memberikan (diskon). Cuma waktunya ini akan kita atur kapan mulai akan berlaku," kata Basuki, usai rapat kerja dengan Komisi V DPR, baru-baru ini.

Mekanisme penetapan diskon, kata dia, nantinya juga akan dikoordinasikan dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ). Tujuannya, agar arus mudik atau balik bisa lancar dengan penyebaran volume kendaraan yang merata.

Infografis Mudik Lebaran 2019

"Diatur oleh BPJT mendiskusikan dengan BUJT-nya apakah H-3 atau H-7 sesuai dengan jadwal perhubungan. Mustinya di peak-nya itu, atau mungkin sebelumnya, atau sesudahnya supaya nyebar orang, mekanisme diskon ini juga kita pakai sebagai instrumen untuk mengatur flow-nya sehingga tidak semua orang pada tanggal tertentu," tuturnya.

Dirinya mengaku belum mengetahui berapa besaran diskon tarif yang ditetapkan karena. Hanya saja, kata dia, semua BUJT semuanya sudah sepakat untuk memberikan diskon tarif tol. "Semua sudah sepakat untuk memberikan diskon di semua ruas jalan tol. Alhamdulillah mereka bersepakat," ujar Menteri Basuki.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini