Mahfud MD Berharap Paslon Bisa Terima Putusan MK dengan Baik

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 07:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 24 605 2059730 mahfud-md-berharap-paslon-bisa-terima-putusan-mk-dengan-baik-p4aYB5SNRS.jpg

JAKARTA - Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan (GSK) Mahfud MD berharap pasangan calon presiden-wakil presiden 2019 dapat menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Mahfud menceritakan ketika dirinya menjadi Ketua MK yang kebetulan bertepatan dengan Pilpres 2009. Kala itu, ia melihat masing-masing paslon dapat menerima putusan MK dengan baik.

Pilpres 2009 diikuti oleh Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto, Jusuf Kalla-Wiranto, melawan sang petahana Susilo Bambang Yudhoyono yang kemudian berpasangan dengan Boediono.

Mahfud MD

"Saya hakimnya, yang digugat itu Pak SBY-Boediono, yang gugat pasangan Pak JK-Wiranto, dan Bu Mega-Prabowo. Ramai kan kayak sekarang ini," kata Mahfud di rumah dinas Wapres JK, Kamis 23 Mei 2019 malam.

"Tapi begitu MK memutus jam empat, setengah lima Bu Mega katakan 'oke sudah selesai saya terima putusan MK.' Pak JK juga mengatakan hal yang sama. Tenang keadaan, langsung mengakui" sambung dia.

(Baca Juga: MK Siap 100% Terima Gugatan Prabowo-Sandi)

Mahfud berharap hal serupa akan terjadi di Pilpres 2019, di mana para paslon dapat menerima putusan MK terkait pemenang pesta demokrasi. Dengan demikian kondisi keamanan nasional akan tenang.

"Ya mudah-mudahan seperti itu juga tergantung pada persidangan MK dan pembuktiannya," terang dia.

Mahfud mengatakan penanganan perkara di MK sangat transparan. Karena itu ia meminta pihak-pihak yang berperkara siap dengan bukti-buktinya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini