Kata SBY soal Pertemuan AHY dan Jokowi di Istana

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 27 Mei 2019 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 27 605 2061070 kata-sby-soal-pertemuan-ahy-dan-jokowi-di-istana-5FOSnJQOn8.jpg Presiden Jokowi dan SBY

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)‎ membeberkan isi pertemuan antara putera sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada 22 Mei 2019.

Pertemuan antara AHY dengan Jokowi sendiri berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Pertemuan AHY dengan Jokowi bertepatan sehari setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019.

Menurut SBY, pertemuan antara AHY dengan Jokowi memicu hujatan dari beberapa kalangan. Padahal, pertemuan AHY dengan Jokowi hanya sebatas untuk memenuhi panggilan warga nega‎ra terhadap kepala negaranya.

"Duduk persoalannya sebagai berikut, Mensesneg menyampaikan kepada AHY bahwa Jokowi ingin bertemu AHY. Sebagai warga yang baik, tentu tidak ada alasan tidak memenuhi," kata SBY melalui sambungan video conference yang dit‎ampilkan di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (27/5/2019).

SBY dan Jokowi

(Baca Juga: Ini Pesan SBY untuk Prabowo & Jokowi)

SBY menjelaskan, pertemuan antara AHY dengan Jokowi sama sekali tidak membahas silang pendapat hasil KPU. Tapi, sambungnya, lebih berkaitan untuk membicarakan permasalahan bangsa dan negara.

"Apalagi disampaikan materi yang dibahas berkaitan bangsa dan negara. Sama sekali tidak membahas silang pendapat di KPU. dalam pertemuan itu, AHY tidak mewakil langsung Partai Demokrat dan tidak merepresentasikan kubu Capres Prabowo," ujarnya.

SBY mengatakan, AHY telah memberi tahunya dua hari sebelum pertemuan dengan Jokowi berlangsung. Setelah pertemuan, AHY menyampaikan dalam pertemuan tersebut sama sekali tidak membicarakan jatah kursi di pemerintahan.

"Setelah pertemuan, AHY sampaikan kepada saya bahwa substansi yang dibicarakan baik, tidak ada catatan kursi apapun di pemerintahan. dalam pertemuan tersebut disampaikan harapan memelihara komunikasi dengan saya," tuturnya.

"Harapan itu saya kira sama dengan mantan Presiden yang lain baik Habibie dan Megawati. berhubung belum bisa kembali ke tanah air, saya kira tepat diwakili AHY," sambung SBY.

Namun, pertemuan antara AHY dengan Jokowi ternyata disalahartikan oleh sejumlah kalangan. SBY menganggap tudingan dan ejekan dari beberapa kalangan terkait pertemuan AHY dengan Jokowi tersebut sebagai ujian dari Tuhan.

"Dari serangan itu, sebenarnya kita tahu dari kelompok mana serangan sengit itu berasal. di situ perbedaan kita dengan pihak tertentu itu," imbuhnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini