nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Kelancaran Arus Mudik, Jalan Tol Manado-Bitung Dibuka Fungsional

Subhan Sabu, Jurnalis · Selasa 28 Mei 2019 19:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 28 340 2061499 demi-kelancaran-arus-mudik-jalan-tol-manado-bitung-dibuka-fungsional-TpD3ZIhojH.jpg Jalan Tol di Manado (Foto: Subhan/Okezone)

MANADO - Jalan tol manado-bitung seksi 2 Airmadidi-Manembo-nembo sepanjang 18,2 kilometer bakal dibuka fungsional mulai rabu 29 Mei 2019 pukul 13.00 Wita.

Sekretaris daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengatakan bahwa pembukaan sementara ini dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan balik libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Pembukaan fungsional satu arah ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan golongan I. Untuk arah Manado ke Bitung dibuka sejak 29 Mei hingga 6 Juni 2019. Sedangkan untuk arah Bitung ke Manado berlaku sejak 7 hingga 11 Juni 2019," ujar Silangen, Selasa (28/5/2019).

Fungsional Tol Manado-Bitung berlaku mulai pukul 08.00-17.00 Wita dan kecepatan kendaraan tidak boleh melampaui 60 kilometer per jam untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik di Yogyakarta Terjadi pada 2 Juni

Jalan Tol

Pembukaan sementara jalan tol pertama di Sulut yang memiliki panjang 39,9 kilometer ini berkat usaha gubernur Sulut, Olly Dondokambey ke pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

"Fungsional Tol Manado Bitung ini karena lobi Bapak Gubernur ke menteri," pungkas Silangen.

Silangen juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Sulut, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo, PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) dan instansi terkait lainnya yang ikut mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Jalan Tol Manado-Bitung memiliki panjang 39,9 kilometer yang terbagi dalam dua seksi. Seksi 1 dari Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 Km dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Dari 14 Km tersebut, Seksi 1B sepanjang 7 Km ditargetkan rampung lebih dulu pada April 2019, sementara Seksi 1A ditargetkan selesai pada Juli 2019. Biaya konstruksi porsi pemerintah sebesar Rp3 triliun.

Sementara untuk Seksi 2 dari Airmadidi-Bitung sepanjang 25 Km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Jasa Marga Manado Bitung dengan progres per Januari 2019 sebesar 32 persen. Jalan tol ini memiliki lima Simpang Susun (SS) yaitu, SS Sukur, SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu dan SS Bitung.

Pembangunan ruas tol ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN). Lewat pembangunan ini pemerintah berharap mampu mengurangi biaya logistik produk ekspor dari Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung sebagai pelabuhan ekspor di Provinsi Sulut. Keberadaan Tol juga akan menujung pengembangan Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Tol Manado-Bitung dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi total Rp 5,12 Triliun. Kehadiran Tol pertama di Sulut ini akan memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dan sebaliknya dari saat ini sekitar 90-120 menit, menjadi sekitar 30 menit.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini