nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Polisi Ganteng Jadi Komandan Upacara di Depan Jokowi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 02 Juni 2019 05:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 02 337 2063077 cerita-polisi-ganteng-jadi-komandan-upacara-di-depan-jokowi-dj7EhoY8wT.jpg

JAKARTA - Dirlantas Polda Papua Barat Kombes Pol Indra Darmawan menjadi komandan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang berlangsung 1 Juni di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jakarta Pusat.

Kombes Indra mengaku bersyukur diamanahkan menjadi komandan upacara yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo. Menurut dia, menjadi kepercayaan besar menjadi komandan upacara dievent nasional itu.

"Prinsipnya harus latihan dan konsentrasi ya, tidak perlu grogi, ya harus konsentrasi hafal, tau urutan acaranya," kata Indra usai upacara harla Pancasila di lokasi.

Indra mengatakan bahwa telah mengikuti seleksi untuk menjadi komandan upacara peringatan hari kesaktian Pancasila itu. Seleksi ini juga diikuti oleh prajurit TNI di semua matra dan Polri.

"Jadi dari empat angkatan itu dipilih dua dari dari tiap angkatan jadi jumlahnya ada delapan calon komandan upacara. Jadi dari tahun lalu itu, dari delapan calon Danup tersebut yang tiap angkatan dua TNI, Polri itu dibagi tugas, ada yang 17 Agustus, ada yang di hari Pancasila, ada yang di upacara kenegaraan," jelasnya.

Upacara Hari Pancasila

Menurut dia, menjadi komandan upacara harus mampu melatih diri dengan meningkatkan performa dan gerakan-gerakan yang akan dilakukan saat upacara tersebut.

"Pas kita digladi ya, biasanya dilatih, diingatkan lagi lah gerakannya seperti apa. Saya angkatan 96," tutup Polantas ganteng itu.

Upacara hari kesaktian Pancasila itu pun berlangsung khidmat. Seluruh pejabat teras juga menggenakan pakaian adat khas budaya Indonesia seperti tahun-tahun sebelumnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini