nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Bom Bunuh Diri Pospam Kartasura Disebut Bukan Direkrut Secara Khusus

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 07:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 04 337 2063771 pelaku-bom-bunuh-diri-pospam-kartasura-disebut-bukan-direkrut-secara-khusus-iEb79eeeUd.jpg Lokasi bom bunuh diri di Pospam Ketasuro (foto: Bram/Okezone)

JAKARTA - Pengamat militer dari Institute For Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi senada dengan prediksi Polri soal pelaku bom bunuh diri Pos pemantauan mudik Lebaran Tugu Kartasura, Solo, Jawa Tengah, merupakan seorang yang amatiran dalam menebar teror.

Menurut Khairul, pelaku bukanlah seseorang yang direkrut secara khusus oleh kelompok teror di Indonesia maupun luar negeri. Pasalnya, pelaku bernama Rofik Asharudin itu tampak sebagai kelompok penggemar yang terinspirasi paham kekerasan ekstrim ISIS.

"Saya cenderung menduga pelaku bukanlah seseorang yang direkrut secara khusus melainkan justru mengakses informasi 'auto-propaganda' dan 'auto-instigasi' dari internet atau media sosial. Nah, menarik jika kita bisa mengetahui lebih jelas latar belakang dan motifnya," kata Khairul kepada Okezone, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

 Bom Bunuh Diri di Pospam Kartasuro

Khairul berpandangan, selama ini memang anak muda dewasa ini lebih banyak tertarik dengan hal semacam itu. Mereka lebih terbuka terhadap pengalaman-pengalaman baru, lebih penasaran dan memiliki akses informasi yang lebih baik.

"Di sisi lain, mereka juga lebih mudah mengalami hal yg disebut sebagai deprivasi relatif atau kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Itu kerap membuat mereka kemudian gagal berpikir kritis, dangkal serta banal dalam menilai dan menghakimi sesuatu," papar Khairul.

Hal itu ditandai, dijelaskan Khairul, seringkali dengan kegagalan si anak muda 'berdialog' dengan dirinya. Kegagalan yang dicerminkan dengan tindakan menyalahkan orang lain atas apa yang dialaminya.

Sekedar diketahui, pelaku menggunakan bom pinggang saat meledakan Pos pemantauan mudik Lebaran Tugu Kartasura, Solo, Jawa Tengah. Akibat ledakan bom bunuh diri itu, pelaku tersebut menderita luka di perut dan tangan kanan.

 Bom Bunuh Diri di Pospam Kartasuro

Dari hasil pemeriksaan sementara bom yang digunakan pelaku diketahui memiliki daya ledak yang rendah atau Low Exsplosive. Kejadian itu, terjadi di depan pos pengamanan lebaran di Kartasura, Jawa Tengah, Senin malam, 3 Juni 2019 sekitar pukul 22.30 WIB.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini