nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG: Tinggi Gelombang di Perairan NTT Capai 4 Meter

Adi Rianghepat, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2019 19:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 04 340 2063684 bmkg-tinggi-gelombang-di-perairan-ntt-capai-4-meter-pxe6w1kisv.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

KUPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Kupang mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang dan kecepatan angin di sejumlah perairan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Maria Patrycia Ch Seran mengatakan, terjadi peningkatan gelombang di sejumlah perairan provinsi berbasi kepulauan itu. Ketinggian gelombang berada di angka 2.5 meter hingga 4 meter.

Dia menyebut, di perairan Selat Sape bagian selatan, tinggi gelombang berada di posisi 2.5 meter. di Selat Sumba tinggi gelombang berada di ketinggian 3.0 meter. Sementara di Perairan selatan Pulau Sumba, ketinggian gelombang berada di angka 3.5 meter. Sedangkan di perairan Laut Sawu, Laut Timor Selatan NTT, perairan selatan Kupang hingga Pulau Rote serta Samudera Hindia selatan NTT tinggi gelombang capai 4.0 meter.

 Gelombang

Sementara kecepatan angin berada di angka 45-60 km/jam berada di sejumlah daerah, seperti di Pulau Rote, Pulau Sabu Raijua dan Pulau Sumba.

Gejala ini lanjut dia, karena adanya tekanan tinggi di Australia yang berada di angka 1038 mb dan sirkulasi siklon di semenanjung Malaysia yang berada di posisi 925/850 mb.

"Selisih tekanan udara yang cukup besar itu menguatkan tarikan massa udara dan meningkatkan kecepatan angin," katanya.

Dari kondisi cuaca itu, BMKG kata dia telah mengeluarkan imbauan untuk mewaspadai pola perubahan cuaca tersebut bagi pelayaran juga bagi pengguna jalan di darat. "Untuk pelayaran kami minta untuk mewaspadai tinggi gelombang yang ada," katanya.

ASDP tetap berlayar

 

 

Kepala Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang Burhan kepada Okezone, mengatakan tetap membuka pelayaran untuk sejumlah lintasan. Bahkan di sejumlah rute palayaran akan ditambah armadanya.

Dia menyebut, untuk jadwal pelayaran Selasa 4 Juni 2019, akan ada tiga rute yang dilayani PT ASDP Cabang Kupang. Untuk rute Kupang-Rote akan mulai berlayar pada pukul 05.00 WITA. Sementara Kupang-Kalabahi pada pukul 12.00 WITA. Sedangkan untuk pelayaran Kupang-Lewoleba-Adonara-Solor-Larantuka akan dilakukan pukul 14.00 WITA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini