nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditinggal Mudik Warga, Volume Sampah di Ibu Kota Menurun

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 22:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 08 338 2064556 ditinggal-mudik-warga-volume-sampah-di-ibu-kota-menurun-P51jtMZaDZ.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat ada tren positif terkait sampah di Ibu Kota selama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah. Banyaknya masyarakat Jakarta yang mudik ke kampung halaman berimbas pada volume sampah rumah tangga.

"Selama dua hari Lebaran itu ada penurunan drastis, karena warga pulang kampung semua. Itu penurunannya signifikan sekali, jauh sekali dari hari biasa," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Djafar Muchlisin, Sabtu (8/6/2019).

Djafar membeberkan, pada hari pertama Lebaran, Rabu (5/6/2019), terdapat sekitar 350 ton sampah yang masuk ke Tempat Pembuang Akhir (TPA) Bantargebang, Bekasi. Sedangkan di hari kedua mencapai 350-450 ton.

"Kondisinya seperti itu, laporan dari TPA Bantargebang," katanya.

 Sampah

Menurut Djafar, pada hari-hari biasa, volume sampah masyarakat Jakarta mencapai 7.500 ton per harinya, sehingga terjadi penurunan volume sampah yang masuk ke TPA Bantargebang dengan jumlah signifikan.

"Itu penurunan loh dari biasanya 7.500 ton per hari. Hari Lebaran pertama kan cuma 350 ton, ya kurang lebih itu ada sekitar 30-40 persenan menurun," ucapnya.

Saat ditanya terkait volume sampah di tempat-tempat wisata, Djafar meyakini jumlah sampah yang diangkut ke TPA Bantargebang itu sudah termasuk semuanya.

"Itu kalau untuk yang di tempat-tempat wisata, mungkin karena ini datanya dari Bantargebang, berarti sudah termasuk itu," ungkapnya.

Adapun jenis sampah di hari pertama dan kedua Lebaran didominasi oleh sampah- sampah makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

"Karena pada saat itukan mayoritas masyarakat banyak mengolah makanan untuk Hari Raya, baik dari sayur-sayuran dan buah-buahan," pungkasnya.

 Sampah

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini