nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Sebut One Way Bikin Arus Mudik Adem Ayem

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 09 Juni 2019 03:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 08 512 2064587 menhub-sebut-one-way-bikin-arus-mudik-adem-ayem-tQOSOlpJZz.jpg Menteri Perhubungan, Budi Karya (foto: Taufik/inews))

SALATIGA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut arus mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H berjalan lancar. Skenario satu arah atau one way yang dilakukan Korp Lalu Lintas Polri terbukti berhasil menekan angka kecelakaan sekaligus memperlancar arus kendaraan.

"Ini mudiknya walaupun ramai, tapi rasanya adem-ayem. Saya mau terima kasih kepada polisi dan semua stakeholder. Kita koordinasi sangat intensif, sangat cair menghasilkan suatu konsep yang mumpuni," terang Budi Karya, saat meninjau Arus Balik di Terminal Tingkir Salatiga, Sabtu (8/6/2019).

 Mudik 2019

Dia menjelaskan, sistem one way yang diberlakukan di tol Trans Jawa membuat pergerakan pemudik lebih cepat. Jarak ratusan kilometer yang sebelumnya ditempuh selama belasan jam, kini bisa relatif singkat.

"Kita punya konsep, yang kita berikan kewenangan kepada Korlantas untuk melakukan itu. Pertama kali waktu itu kita lakukan dari KM 29 sampai KM 263. Tapi memang amanat itu kami berikan kewenangan Kakorlantas untuk melakukan secara dinamis," ungkapnya.

"Dari diskusi-diskusi yang banyak, akhirnya one way itu dilakukan dari KM 70 sampai 414 Kalikangkung, dan ini benar-benar memberikan suatu keceriaan. Pulang ke Semarang hanya 6 jam, pulang sampai Surabaya cuma 10-11 jam," tutur Budi.

"Nah ini saya mengapresiasi Polri dan tentu saya berterima kasih kepada Pak Basuki (Basoeki Hadimoeljono, Menteri Pekerjaan Umum), Pak presiden yang sudah membuat jalan ini. Saya enggak bayangin kalau enggak ada jalan itu, maka kita masih pusing," pungkasnya.

 Mudik 2019

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini