nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wiranto Tegaskan Pengakuan soal Kivlan Zen Perintahkan Bunuh 5 Tokoh Nasional Bukan Karangan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 17:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 12 337 2065758 wiranto-tegaskan-pengakuan-soal-kivlan-zen-perintahkan-bunuh-5-tokoh-nasional-bukan-karangan-DwDxysLyma.jpg Menko Polhukam Wiranto (Okezone)

JAKARTA – Menko Polhukam Wiranto menyatakan pengakuan tersangka kerusuhan 21-22 Mei yang juga eksekutor rencana pembunuhan empat pejabat negara dan seorang pemimpin lembaga survei, bukan karangan pemerintah atau aparat keamanan.

“Ada satu perintah untuk melaksanakan eksekusi kepada 4-5 tokoh, ini pengakuan dari berita acara pemeriksaan, testimoni yang disumpah. Bukan karangan kita,” kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Wiranto mengaku harus menjelaskan itu untuk menetralisasi tudingan adanya rekayasa.

“Paling tidak kan sudah bisa menetralisir bahwa 'ah ini Wiranto lebay', karangan pemerintah, karangan aparat keamanan untuk mencari popularitas, masya Allah saya katakan.”

Pada Selasa 11 Juni kemarin, Polri memutar video pengakuan tersangka kerusuhan 21-22 Mei di Kemenko Polhukam, Jakarta.

Tersangka Helmi Kurniawan alias Iwan alias HK mengaku dirinya mendapat perintah dari Kivlan Zen untuk membunuh jenderal purnawirawan ring 1 Joko Widodo (Jokowi) yakni Wiranto, Luhut Binsar Panjaitan, Budi Gunawan dan Gories Mere serta Direktur Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya.kivlan zen

Kivlan Zen (Okezone)

Iwan mengaku diberi uang untuk membeli senjata sebagai alat mengeksekusi target tersebut.

Wiranto mengatakan itu memang pengakuan langsung dari tersangka, bukan karangan aparat. Pengakuan itu akan terus didalami oleh polisi untuk mengungkap dalangnya.

(Baca juga: Siapa Habil Marati, Tersangka Donatur Rencana Pembunuhan Wiranto-Luhut Cs?)

“Saya enggak ngomong apa-apa, sekarang biar saja hasil penyidikan penyelidikan bicara itu. Sekarang tinggal bagaimana nanti proses selanjutnya, atau dilimpahkan ke kejaksaan, kemudian dimasuk pengadilan, apakah ada pengakuan antara kesaksian para eksekutor, para petugas-[etugas yang ditugasi untuk mencari senjata, mencari algojo itu nanti sinkron apa enggak,” ujarnya.

(Baca juga: Kivlan Zen dan 7 Sosok yang Diduga Terlibat Rencana Pembunuhan Tokoh Nasional)

“Tapi paling tidak dengan empat kesaksian, yang kemudian mengerucut pada figur yang satu, itu sangat boleh jadi. Itu kan semuanya benar adanya.”

Wiranto mengatakan hasil penyidikan dan investigasi kerusuhan 21-22 Mei semua akan diungkapkan ke publik, agar masyarakat paham dan tak termakan hoks.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini