nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Suasana Sekitar MK Jelang Sidang Gugatan Pilpres Prabowo-Sandi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 15:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 13 337 2066090 begini-suasana-sekitar-mk-jelang-sidang-gugatan-pilpres-prabowo-sandi-F7vaLsEo6o.jpeg Gedung Mahkamah Konstitusi di Jakarta (Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) mulai Jumat 14 Juni besok pukul 09.00 WIB. Jelang sidang, pengamanan sekitar Gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat diperketat.

Agenda persidangan besok adalah pemeriksaan pendahuluan. Salah satu pihak yang mengajukan sengketa Pilpres 2019 adalah Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pantauan Okezone, Kamis (13/6/2019) atau H-1 jelang sidang PHPU 2019, suasana sekitar MK berbeda. Ada barikade kawat berduri sekira 10 meter terbentang di depan gedung itu. Pagar itu menutupi satu jalur Jalan Medan Merdeka Barat.

Tapi, pengendara mobil dan motor masih bisa melintas menggunakan dua jalur lain di jalan itu. Hingga sore ini, belum ada penutupan jalan di sekitar Gedung MK.Jalan MK

Jalan di depan MK (Fadel/Okezone)

Aktivitas sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat masih normal. Kantor-kantor sepanjang jalan itu masih beroperasi. Lalu lintas pun ramai lancar.

Di depan pintu masuk Gedung MK, sejumlah aparat kepolisian berjaga-jaga. Mereka akan menegur setiap orang yang masuk jika tidak memakai tanda pengenal.

Sementara di halaman Gedung MK terlihat jejeran tameng polisi huru-hara. Tameng itu direbahkan di depan tangga MK, sebagai alat antisipasi jika ada massa berunjuk rasa.

Untuk masuk ke Gedung MK, setiap pengunjung harus melalui pemeriksaan yang ketat. Barang bawaan seperti tas pun tak luput untuk diperiksa di mesin metal detector. Petugas keamanan MK secara teliti memperhatikan isi tas pengunjung di layar komputer.Gedung MK

Untuk mobil dan motor yang dibawa pengunjung hanya bisa masuk melalui pintu belakang Gedung MK di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat. Di gerbang masuk, ada aparat kepolisian dan satpam yang berjaga. Mereka akan menyeleksi setiap pengendara yang masuk.

MK akan memulai sidang sengketa Pemilu 2019 besok mulai pukul 09.00 WIB. Salah satu sengketa disidang adalah yang diajukan BPN Prabowo-Sandiaga.

Kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 02 itu tidak puas dengan hasil Pilpres 2019 yang diumumkan KPU yang menyatakan Jokowi-Ma'ruf Amin menang dengan 85.036.828 suara atau 55,41 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi mendapat 68.442.493 suara atau 44,59 persen. Selisih suara keduanya mencapai 16.594.335.

 Gedung MK

Kubu Prabowo menuding ada kecurangan di Pilpres sehingga mereka kalah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini