nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rilis Video, Militer AS Klaim Iran Singkirkan Ranjau dari Tanker yang Diserang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 15:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 14 18 2066497 rilis-video-militer-as-klaim-iran-singkirkan-ranjau-dari-tanker-yang-diserang-G3ZUPCLWr5.jpg Foto: Twitter.

NEW YORK - Militer Amerika Serikat (AS) Merilis sebuah video yang diduga memperlihatkan tentara Garda Revolusi Iran (IRGC) menyingkirkan benda yang diklaim sebagai ranjau limpet yang tidak meledak dari sisi salah satu kapal tanker yang terkena serangan di Teluk Oman. Klip tersebut menjadi dasar bagi AS untuk menuduh Iran sebagai pelaku serangan yang terjadi pada Kamis, 13 Juni itu.

Rekaman tersebut memperlihatkan sebuah kapal kecil mendekati kapal tanker Jepang berbendera Panama, Kokuka Courageous, sebelum salah seorang di kapal kecil itu mengambil sebuah obyek dari lambung Kokuka, diduga sebagai sebuah ranjau yang tidak meledak.

"Pada pukul 4:10 sore waktu setempat, sebuah kapal patroli Kelas IRGC Gashti mendekati M /T Kokuka Courageous dan mengamati serta mencatat pembuangan ranjau limpet yang tidak meledak dari M /T Kokuka Courageous," demikian disampaikan Juru Bicara Angkatan laut AS, Kapten Bill Urban dalam pernyataan yang dilansir RT, Jumat (14/6/2019).

Video yang dirilis Komando Pusat Militer AS (CENTCOM) itu sendiri terlihat buram sehingga sulit memverifikasi kejadian yang terekam di dalamnya.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam, Misi Iran untuk PBB mengatakan bahwa Teheran "dengan tegas menolak klaim tidak berdasar AS sehubungan dengan insiden tanker minyak 13 Juni dan mengutuknya dengan kata-kata yang paling kuat."

Serangan yang terjadi tersebut kembali meningkatkan ketegangan antara AS dengan Iran di Teluk. Washington dilaporkan telah mengirimkan sebuah kapal perusak ke Teluk Oman menyusul insiden yang menimpa Kokuka Courageous dan kapal tanker Front Altair milik perusahaan Norwegia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini