nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Betawi Udik: Ekonomi Kelas Bawah hingga Bertumpu pada Pertanian

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 07:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 15 338 2066709 betawi-udik-ekonomi-kelas-bawah-hingga-bertumpu-pada-pertanian-aDpTDg0Tgz.jpg Ilustrasi Betawi Udik tempo dulu. (Foto: Ist)

JAKARTA – Suku Betawi tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Bagi mereka yang tinggal di DKI Jakarta sudah tentu mengenal penduduk asli ibu kota ini. Meski begitu, tidak semua orang yang bermukim di DKI mengetahui bahwa ada beberapa tipe suku Betawi. Salah satunya yakni Betawi Udik.

Melansir dari buku Ensiklopedia Jakarta, Sabtu (15/6/2019), kelompok Betawi Udik berasal dari ekonomi kelas bawah. Kehidupan mereka umumnya lebih bertumpu pada bidang pertanian.

(Baca juga: Betawi Tengah: Sebutan untuk Warga yang Menetap di Keresidenan Batavia)

Dari segi pendidikan, kelompok ini cenderung paling rendah dibandingkan kalangan Betawi lainnya seperti Betawi Tengah dan Betawi Pinggir.

Dulu mereka yang tergolong Betawi Udik adalah penduduk asli Jakarta termasuk Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Pada masanya daerah itu masuk administrasi Batavia, namun kini masuk dalam administrasi Jawa Barat.

Betawi tempo dulu. (Foto: Wikipedia.org)

Betawi Udik sendiri terbagi menjadi dua tipe. Pertama, mereka yang bermukim di Jakarta bagian utara, barat, dan Tangerang. Kelompok ini sangat dipengaruhi kebudayaan China.

Tipe kedua, mereka yang tinggal di sebelah Jakarta Timur dan Selatan, kemudian Bekasi serta Bogor. Kelompok kedua ini sangat dipengaruhi kebudayaan dan adat istiadat Sunda.

(Baca juga: Pangeran Pecah Kulit si Orang Belanda Pendukung Indonesia)

Dari sisi agama masyarakat, Betawi Udik sangat berbeda dengan Betawi Tengah, dan Betawi Pinggir yang masih memegang peran dalam melakukan tingkah laku pola kehidupan mereka sehari-hari. Namun demikian cara hidup mereka sudah lebih modern dibanding kelompok Betawi Udik.

Meski begitu perubahan pola pekerjaan dan pendidikan orang Betawi Udik secara perlahan meningkat dan pola pekerjaan maupun pendidikan telah mendekati orang Betawi Tengah serta Pinggir.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini