nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Karet Tengsin: Berawal Seorang Keturunan China yang Baik Hati

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 07:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 16 338 2066942 sejarah-karet-tengsin-berawal-seorang-keturunan-china-yang-baik-hati-DP1XdhpfI4.jpg Ilustrasi Jakarta tempo dulu. (Foto: Ist)

JAKARTA – Sebagian orang di DKI Jakarta tentu sudah mengenal wilayah bernama Karet Tengsin di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Namun siapa yang tahu, ternyata kawasan yang kini dipenuhi 'beton' pencakar langit itu dahulu dipenuhi pohon karet.

Mengutip dari buku Ensiklopedia Jakarta, Minggu (16/6/2019), nama Karet Tengsin sendiri berasal dari seseorang keturunan China yang kaya raya dan murah hati. Orang itu bernama Tan Teng Sien.

(Baca juga: Betawi Udik: Ekonomi Kelas Bawah hingga Bertumpu pada Pertanian)

Pada masa hidupnya, Tan Teng Sien disebut-sebut sebagai orang yang sangat baik hati. Ia tidak pernah sungkan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Berkat hal itu pula Tan Teng Sien sangat dikenal masyarakat luas ketika itu.

Jakarta tempo dulu. (Foto: rasajakarta.wordpress.com)

Saat Tan Teng Sien meninggal dunua, banyak masyarakat takziah dan melayat ke rumahnya yang dikelilingi pohon karet. Orang-orang yang datang tidak hanya berasal dari daerah sekitar, melainkan juga dari luar kota seperti Jawa Tengah, bahkan Jawa Timur.

(Baca juga: Betawi Tengah: Sebutan untuk Warga yang Menetap di Keresidenan Batavia)

Kebaikan hati Tan Teng Sien-lah yang menjadikannya disayang banyak orang. Setelah meninggal pun ia masih diingat orang.

Sampai-sampai daerah tempat tinggalnya diingat orang. Hingga sekarang orang menyebut daerah itu sebagai Karet Tengsin. Sebab, ia tinggal di rumah yang ditumbuhi pohon karet.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini