nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Argentina Selidiki Penyebab Pemadaman Listrik Besar-Besaran yang Pengaruhi 50 Juta Orang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 19:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 17 18 2067523 argentina-selidiki-penyebab-pemadaman-listrik-besar-besaran-yang-pengaruhi-50-juta-orang-ZjnkRwSmQI.jpg Foto: Reuters.

BUENOS AIRES – Argentina melakukan penyelidikan mengenai penyebab terjadinya pemadaman listrik besar-besaran yang berdampak pada hampir 50 juta orang di Amerika Selatan. Presiden Mauricio Macri menyebut insiden itu tidak pernah terjadi sebelumnya dan berjanji akan melakukan penyelidikan.

Pada Minggu hampir seluruh wilayah Argentina, negara tetangga Uruguay dan beberapa daerah di Paraguay bangun dalam kegelapan. Gangguan listrik itu berdampak besar pada transportasi umum, sementara rumah sakit terpaksa menggunakan generator.

Listrik baru dapat dipulihkan sebagian besar di akhir hari itu.

Para pejabat Argentina mengatakan insiden itu dimulai dengan kegagalan dalam "sistem interkoneksi" negara, tetapi penyebab pastinya tidak diketahui. Demikian diwartakan BBC, Senin (17/6/2019).

Menteri Energi Gustavo Lopetegui mengatakan bahwa kemungkinan insiden itu disebabkan olehs erangan siber kecil, dan bahwa akan memakan waktu 10-15 hari sampai hasil penyelidikan akan dipublikasikan.

Meskipun telah terjadi pemadaman besar-besaran, ia mengatakan jaringan listrik Argentina "sangat kuat".

Pemadaman listrik serupa terjadi di Brasil pada 2009, dengan pemadaman besar-besaran menyisakan sekitar 60 juta warga tanpa energi listrik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini