nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Gajah Liar Berhasil Digiring Keluar dari Permukiman Warga

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 17:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 19 340 2068322 4-gajah-liar-berhasil-digiring-keluar-dari-permukiman-warga-HvQ6GaZW77.jpg Foto Istimewa

PEKANBARU - Upaya tim gabungan merelokasi empat gajah liar masuk kepemukiman di Peranap Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau sudah mulai membuahkan hasil. Saat ini satwa tersebut sudah berhasil dihalau dan menuju Kabupaten Kuansing.

Kepala Bidang I BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) Riau, Andri Hansen Siregar menjelaskan, kawanan gajah Sumatera itu saat bergerak menuju perkebunan sawit milik perusahaan swasta. Pihak perusahaan diminta untuk tidak melakukan aktivitas di wilayah yang akan dilalui satwa dilindungi itu.

"Saat ini gajah akan menuju PT Bintang, salah satu perusahaan sawit swasta. Kita sudah melakukan kordinasi dengan pihak perusahaan agar memfasilitasi gajah untuk melintas," kata Andri Hansen kepada Okezone, Rabu (19/6/2019).

 Gajah liar

Namun tim BBKSDA tidak mau memaksakan kawanan gajah liar itu untuk segera bergerak di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo. Mereka akan digiring secara perlahan. Petugas hanya menghalau di sejumlah titik agar gajah tidak kembali masuk ke pemukiman.

"Kita tidak mau memaksakan gajah liar itu untuk kembali kehabitatnya. Nantinya gajah itu juga akan melewati areal konsesi HTI (Hutan Tanaman Industri) milik PT RPI. Tim terus mengawasi gajah liar itu untuk sampai tempat yang aman," imbuhnya.

Ia pun tidak bisa memastikan sampai kapan proses relokasi kawanan gajah liar itu sampai ke TNTN. Medan yang cukup sulit membuat tim kesulitan untuk terus mengikuti pergerakan hewan bergading itu.

 Gajah liar

Dalam upaya relokasi gajah liar, dua ekor gajah latih Rahman dan Indro dikerahkan. Upaya relokasi sudah mulai dilakukan sejak 10 Juni 2019.

"Kita tidak bisa memperkirakan kapan gajah tersebut sampai ke habitatnya karena pergerakan gajah lambat," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini