nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Situs Peninggalan Kerajaan Majapahit Sepanjang 21 Meter Ditemukan di Mojokerto

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 18:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 21 519 2069352 situs-peninggalan-kerajaan-majapahit-sepanjang-21-meter-ditemukan-di-mojokerto-nKHofFxu9L.jpg Foto: Istimewa

MOJOKERTO - Struktur bangunan yang diduga situs kuno yang ditemukan di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto diduga memiliki cakupan luas.

Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho menjelaskan, bangunan yang diduga situs kuno memiliki panjang 21 meter.

"Panjangnya membentang dari utara ke selatan berukuran 21 meter dengan kedalaman 1 meter," ujarnya.

Bangunan tersebut mempunyai pilar-pilar di tiap jarak 4 meternya dengan lebar dinding mencapai 120 cm. Sedangkan bangunan tersebut disusun dengan batu bata dengan teknik batu gosok.

"Tersusun dari bata bata dengan panjang 32 cm dan lebar 18-20 cm, dengan ketebalan 6 cm. Itu menggunakan teknik batu gosok bangunannya," kata dia.

(Baca juga: Petugas Gali Situs Kuno Majapahit dengan Alat Berat di Tol Malang)

Batu bata dengan ukuran tersebut biasanya digunakan di era Kerajaan Majapahit, terlebih tak jauh dari lokasi penemuan, struktur bangunan serupa ditemukan pada 2017.

"Kami menduga ada kaitannya dengan temuan bangunan sebelumnya yang ditemukan pada 2017 di Desa Kumitir juga. Tapi memang kalau batu batanya diidentikkan dengan zaman Kerajaan Majapahit," ujarnya.

Sebelumnya pada Jumat pagi (21/6/2019), seorang pengrajin batu bata menemukan sebuah struktur bangunan yang diduga situs kuno saat tengah menggali tanah.

Karena penasaran, Muchlison (46) warga Desa Kumitir ini terus menggali tanah hingga kedalaman 1 meter dengan luas bentangan memanjang hingga 21 meter dari utara ke selatan. Temuan ini selanjutnya dilaporkan ke BPCB Jawa Timur guna proses peninjauan dan pengkajian.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini