nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpar: Festival Budaya Isen Mulang 2019 Momentum Bangkitkan Pariwisata Kalteng

Senin 24 Juni 2019 09:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 24 1 2070061 menpar-festival-budaya-isen-mulang-2019-momentun-bangkitkan-pariwista-kalteng-h7V9U13W4U.jpg Foto: Kemenpar

KALTENG - Artis Dangdut Fitri Carlina sukses menutup rangkaian Festival Budaya Isen Mulang 2019 pada Sabtu 22 Juni 2019 malam. Acara yang berlangsung di Bundaran Besar Palangka Raya ini penuh dengan ribuan pengunjung yang hadir sejak sore.

Mengawali penampilannya dengan lagu andalan ‘ABG Tua’, pedangdut asal Banyuwangi itu tampil energic dan memukau. Sejumlah fans tampak histeris dan berkali-kali memanggil nama idolanya. Sebagian penonton bahkan hanyut dalam alunan musik, hingga turut berjoget mengikuti irama.

Lebih dari sepuluh lagu dinyanyikan Fitri Carlina. Dalam setiap jeda, ia aktif mengajak penonton untuk meneriakkan slogan atau branding dari Kementerian Pariwisata; ‘Pesona Indonesia, Wonderful Indonesia’. Tak lupa, Fit-Car -sapaan Fitri Carlina- juga mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan Festival Isen Mulang 2019.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Said Ismail mengatakan, Festival Budaya Isen Mulang 2019 berlangsung selama enam hari dari 17 hingga 22 Juni. Beragam kegiatan disajikan. Mulai dari karnaval budaya, aneka lomba dan atraksi, hingga Pemilihan Putra Puti Pariwisata Kalimantan Tengah.

“Isen Mulang adalah festival budaya yang mengangkat budaya-budaya di Kalimantan Tengah, khususnya khazanah kebudayaan Dayak yang tersebar di seluruh kabupaten/ kota di Kalteng,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) Kemenpar Esthy Reko Astuty menjelaskan, Festival Isen Mulang merupakan event tahunan yang masuk CoE Nasional. Suksesnya kegiatan ini tentu tak luput dari dukungan semua elemen masyarakat.

“Kita berharap Festival Isen Mulang tahun depan lebih meriah dengan menampilkan seluruh budaya, kekayaan alam dan pariwisata Kalimantan Tengah. Sehingga dapat menarik minat wisatawan dari luar Kalteng dan wisman mancanegara untuk datang,” ungkapnya.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung menambahkan, konten yang dihadirkan pada Festival Isen Mulang kemarin memang lengkap. Terutama ragam budaya suku Dayak. Keunikan yang tersaji jelas memiliki daya tarik bagi wisatawan.

“Atraksi yang ditampilkan sangat menarik dan membuat event ini berlangsung meriah. Dalam bahasa lokal, Isen Mulang berarti tidak pernah mundur. Ini merupakan moto Palangka Raya yang menggambarkan keberanian masyarakat setempat,” terangnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Festival Isen Mulang menjadi momentum yang pas untuk membangkitkan industri pariwisata di Kalimantan Tengah. Kegiatan ini kental dengan nuansa budaya yang dikemas dengan standar nasional.

“Sukses untuk Kalimantan Tengah. Tentunya kita tidak boleh berpuas diri hanya sampai di sini. Sebab, membangun pariwisata harus dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus. Gali semua potensi yang ada dan kembangkan. Semakin banyak destinasi, maka semakin banyak wisatawan yang mengunjungi,” tandasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini