nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suhu Udara Malang Lebih Dingin saat Pagi dan Malam Hari, Ini Penjelasan BMKG

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 13:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 24 519 2070169 suhu-udara-malang-lebih-dingin-saat-pagi-dan-malam-hari-ini-penjelasan-bmkg-JbznssTBfT.JPG Tugu Malang, Salah Satu Ikon Kota Malang, Jawa Timur (foto: Instagram/@destinasimalangraya)

MALANG - Memasuki akhir Juni, suhu udara pada malam dan pagi hari di Malang tampak lebih dingin dari biasanya. Suhu udara rata - rata berada di angka 16 derajat celcius bahkan sempat menyentuh angka 14 derajat celcius.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso, Kabupaten Malang, Aminudin Al Roniri menjelaskan, fenomena dinginnya udara di Malang saat musim kemarau merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi.

Baca Juga: Belasan Rusa di Coban Jahe Malang Mati Misterius dengan Gigitan di Leher 

"Normalnya memang begini. Memang musim kemarau itu ditandai dengan kondisi suhu yang dingin malam hari, puncaknya pagi hari," bebernya saat dihubungi Okezone, Senin (24/6/2019).

Namun cuaca tersebut akan berubah cepat di siang hari, suhu udara siang hari di Malang akan terasa lebih panas. Dari laporan yang terpantau di Stasiun Klimatologi Karangploso, suhu udara saat siang hari mencapai 30 derajat celcius.

"Memang kalau siang lebih panas menyengat di angka 30 derajat celcius," imbuhnya

Sementara itu, kelembaban udara berkisar 50 hingga 95 persen, angin dari arah timur menuju tenggara dengan kecepatan 05 hingga 35 kilometer per jam.

Baca Juga: Yogyakarta Lebih Dingin dari Biasanya, Ini Penjelasan BMKG 

Aminudin menambahkan, rata-rata suhu di Malang saat ini masih permulaan. Suhu lebih dingin diperkirakan akan dijumpai pada Juli hingga Agustus mendatang.

Bulan Agustus diperkirakan menjadi puncak musim kemarau dan rata-rata suhu di malam dan pagi hari akan terasa lebih dingin lagi.

"Ini akan lebih dingin lagi. Nanti ada angin kencang berdebu dan sebagainya. Kulit mulai kering, ini tandanya puncak musim kemarau," tukasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini