Akan Diekstradisi, Raja Kokain Italia Melarikan Diri dari Penjara Uruguay

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 25 Juni 2019 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 25 18 2070543 akan-diekstradisi-raja-kokain-italia-melarikan-diri-dari-penjara-uruguay-BAy3tO6dsy.jpg Atap INR yang digunakan Morabito untuk melarikan diri. (Foto: Reuters)

MONTEVIDEO – Seorang bos mafia Italia yang dipenjara di Uruguay sejak 2017 telah melarikan diri dari penjara saat sedang menunggu diekstradisi ke Italia. Hal itu dilaporkan kementerian dalam negeri Uruguay pada Senin.

Rocco Morabito adalah anggota Calabrian ‘Ndrangheta, kelompok kejahatan terorganisasir paling kuat di Italia dan salah satu importir kokain Amerika Selatan terbesar di Eropa. Sebelum tertangkap, Morabito merupakan salah satu anggota mafia yang paling dicari.

Dijuluki "raja kokain Milan," Morabito yang berusia 52 tahun telah ditangkap setelah lebih dari dua dekade dalam pelarian atas dakwaan keterlibatan dengan organisasi Mafia, perdagangan narkoba dan kejahatan serius lainnya.

Dalam pernyataan yang dilansir Reuters, Selasa (25/6/2019), kementerian dalam negeri Uruguay mengatakan bahwa Morabito dan tiga orang lainnya telah melarikan diri pada larut malam melalui atap bekas penjara Carcel Central, yang sekarang disebut pusat rehabilitasi nasional (INR), ke sebuah gedung yang bersebelahan.

"Sangat membingungkan dan serius bahwa seorang penjahat seperti Rocco Morabito, bos dari Ndrangheta, berhasil melarikan diri dari penjara di Uruguay ketika dia menunggu untuk diekstradisi ke Italia, " kata Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini.

“Saya membuat dua komitmen, Pertama: mengungkap prosedurnya melarikan diri, meminta penjelasan langsung dari pemerintah Montevideo. Kedua: kita akan terus memburu Morabito, di mana pun dia berada, untuk menjebloskannya ke penjara seperti yang pantas dia terima.”

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini