nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Irak Tak Akan Izinkan AS Gunakan Wilayahnya untuk Serang Iran

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 26 Juni 2019 16:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 26 18 2071205 irak-tak-akan-izinkan-as-gunakan-wilayahnya-untuk-serang-iran-7xteLL8muN.jpg Foto: Reuters.

BAGHDAD – Irak menyatakan tidak akan mengizinkan Amerika Serikat (AS) untuk menggunakan pangkalan militernya untuk melancarkan serangan terhadap Iran. Hal itu ditekankan Presiden Irak yang mengkritik kebijakan bermusuhan Presiden Donald Trump terhadap Teheran.

"Kami tidak ingin wilayah kami menjadi pos persiapan untuk setiap tindakan bermusuhan terhadap salah satu tetangga kami, termasuk Iran," kata Presiden Irak Barham Salih kepada CNN. Dia mencatat bahwa tidak ada kesepakatan antara Baghdad dan Washington yang dapat membuat Donald Trump berpikir ia dapat menggunakannya seperti itu.

Pada Februari, Trump mengatakan bahwa sekira 5.000 tentara AS harus tetap berada di Irak untuk “mengawasi” terhadap Iran. Meski pada saat itu Trump mengatakan dia tidak akan menggunakan Irak sebagai batu loncatan untuk menyerang Iran, dendam Washington yang berkembang terhadap Teheran bisa membuat semua aset AS di wilayah itu terlibat dalam konfrontasi, jika konflik skala besar meletus.

Pekan lalu, AS dilaporkan telah siap untuk melancarkan serangan balasan atas ditembak jatuhnya drone RQ-4 Global Hawk oleh Garda Revolusi Iran. Namun, Presiden Trump membatalkan serangan itu setelah diinformasikan kemungkinan jatuhnya ratusan korban jiwa.

Sementara itu, Presiden Salih mengenang pengalaman pahit invasi AS ke negaranya, mengingatkan Washington bahwa AS cepat untuk memulai perang tanpa memikirkan konsekuensi potensial.

“Sangat mudah untuk memulai perang, tetapi sangat, sangat sulit untuk mengakhiri perang,” ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini