Viral Wawan Fokus Jadi Pengangguran demi Gaji dari Kartu Prakerja

Edi Hidayat, Okezone · Kamis 04 Juli 2019 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 04 609 2074512 viral-wawan-fokus-jadi-pengangguran-demi-gaji-dari-kartu-prakerja-sd0nA3eRuZ.jpg Wawan Hirawan (Foto: Instagram)

JAKARTA - Pemuda bernama Wawan Hirawan asal Sulawesi Selatan kini tengah menjadi viral karena keputusannya untuk menggantung ijazahnya dan fokus menjadi pengangguran. Keputusan itu dilakukannya karena mengharapkan gaji dari kartu prakerja yang menurutnya dijanjikan Jokowi saat kampanye pilpres 2019.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, nama saya Wawan Hirawan, aaya ingin mengucapkan selamat untuk Bapak Jokowi dan Bapak Kiai Haji Ma'ruf Amin atas terpilihnya menjadi presiden dan wakil presiden," kata Wawan dalam video di akun instagramnya, @wawan.hirawan.

"Sesuai janji bapak sebelumnya ingin menggaji setiap pengangugran, maka hari ini saya resmi gantung ijazah dan ingin fokus menjadi pengangguran. Selamat ya pak, semoga amanah, terima kasih," lanjutnya.

Baca Juga: Viral Kucing Oranye Bikin Heboh saat Terjebak Dalam Mobil

Aksi Wawan tersebut langsung menjadi sorotan warganet karena dinilai tidak memahami program kartu Pra Kerja yang diusung Jokowi pada saat kampanye pilpres 2019. Banyak netizen yang menyayangkan aksi Wawan tersebut.

"Mental pengangguran bin mental pekerja🤐ga ada yg salah sih menagih janji,yg salah anda tidak paham fungsi dari kartu pra kerja dan gimana caranya dpt di gaji," tulis komentar @tepopsr.

"Mas Wawan Hirawan yang saya hormati, lebih baik mas cari info yang lebih detail dan terpercaya tentang kartu pra kerja yah. Biar mas Wawan paham dan tidak bertindak bodoh seperti itu," tulis komentar @shinzianaking.

Sebelumnya diketahui dalam kampanyenya, Jokowi akan menyediakan Kartu Pra kerja dengan jumlah yang terbatas untuk setiap tahunnya. Jumlah tersebut rencanannya akan dimasukkan dan dibiayai melalui APBN.

Kemudian, para lulusan pendidikan akan mendapatkan pendidikan vokasi dari BUMN, swasta dan pemerintah untuk dipersiapkan agar mampu bekerja. Bahkan dalam kampanyenya, Jokowi sempat membantah akan menggaji pengangguran.

"Yang pegang ini (kartu prakerja) dipacu cepat kerja. Bukan kasih gaji ke yang nganggur. Isu itu harus bisa dijawab," kata Jokowi saat mengisi pidato dalam Festival Indonesia Satu di Gedung Istora Senayan pada Minggu 10 Maret 2019.

Jokowi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini