Rayakan Hari Kemerdekaan Ke-243, Dubes AS Tekankan Pentingnya Keberagaman

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 05 Juli 2019 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 05 18 2074971 rayakan-hari-kemerdekaan-ke-243-dubes-as-tekankan-pentingnya-keberagaman-p3chpkUCnA.jpg Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr. berpidato pada perayaan Hari Kemerdekaan ke-243 AS di Jakarta, 4 Juli 2019. (Foto: Dok. Kedutaan AS Jakarta)

JAKARTA – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph Donovan Jr. menekankan pentingnya keberagaman sebagai kekuatan bagi negaranya dan juga Indonesia. Arti penting dari keberagaman tersebut diangkat dalam moto kedua negara yang sampai hari ini dipegang oleh kedua negara.

Bhineka Tunggal Ika dan E Pluribus Unum - motto kedua negara kita - menggarisbawahi keyakinan kuat Indonesia dan Amerika terhadap kekuatan keberagaman. Mereka juga mewakili panggilan untuk memperdalam hubungan antara kedua negara - karena persatuan dalam keberagaman juga berarti bahwa Indonesia dan Amerika Serikat lebih kuat ketika bertindak bersama,” kata Donovan dalam .pidatonya di perayaan Hari Kemerdekaan ke-243 AS di Jakarta, Kamis, 4 Juli.

E Pluribus Unum yang merupakan moto Amerika Serikat diambil dari bahasa latin yang berarti dari banyak, satu; yang bermakna sama dengan moto Bhinneka Tunggal Ika .

Dubes Donovan juga menekankan hubungan baik antara Indonesia dengan Amerika Serikat yang telah terjalin selama 70 tahun, dan berharap kerja sama antara kedua negara akan terus tumbuh di berbagai bidang, termasuk dalam bidang ekonomi, sosial budaya dan keamanan.

Dia mengatakan bahwa hubungan kedua negara juga didorong oleh orang-orang yang menjadi pejuang bagi hubungan baik Indonesia - Amerika Serikat, termasuk di antaranya Dr. Kinari Webb yang menjadi peneliti di Kalimantan dan pendiri institusi Alam Sehat Lestari (ASRI); Nadiem Makariem, pendiri Go-Jek yang menempuh pendidikan di Harvard, Amerika Serikat; dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menjadi tamu istimewa pada malam itu.

“Kita berdiri di sini malam ini sebagai pewaris tidak hanya dari tradisi 70 tahun pada tanggal 4 Juli, tetapi juga karya kumpulan individu yang luar biasa yang menemukan alasan bersama dalam nilai-nilai kita bersama dan menggunakannya untuk memperbaiki masa depan kedua negara kita.

“Hari ini, kita berkumpul, merayakan pencapaian ini dan melihat ke depan untuk tujuh puluh tahun mendatang,” ujar Donovan menutup pidatonya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini